TNI Mengabdi Sebagai Guru di Sekolah Dasar Perbatasan RI-RDTL

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 321/GT Kostrad yang bertugas di wilayah perbatasan Republik Indonesia-Timor Leste (RI-TL), selain bertugas sebagai penjaga perbatasan Negara, juga peduli dengan dunia pendidikan siswa siswi di perbatasan.

Seperti yang berlangsung di desa Tes Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara provinsi Nusa Tenggara Timur. Tepatnya di SD Tes, para prajurit Yonif Raider 321/GT perbatasan RI – RDTL berkesempatan menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk membantu para guru mengajar di beberapa sekolah dasar di wilayah tugas mereka.

Sesuai rencana pada minggu kedua setiap bulannya seluruh sekolah dasar di wilayah tugas Pos Napan bawah secara bergilir akan mendapat pelajaran tambahan bela negara.

Komandan Satgas Pamtas RI – RDTL Yonif Raider 321/GT Kostrad Sektor Barat, Letnan Kolonel Inf M.Ghoffar Ngismangil yang dikonfirmasi melalui Komandan Pos Napan Bawah, Letda Inf Honest Marlin mengakui kegiatan yang sering diadakan merupakan kegiatan yang bersifat kemanusiaan seperti gotong royong, pengobatan gratis, dengan melibatkan sebagian besar warga desa Napan dan sekitarnya. Sementara perhatian serius pihak TNI juga tertuju pada dunia pendidikan generasi penerus di perbatasan.

Baca : Penutupan TMMD Ke-97 di Perbatasan Malaka-Timor Leste

“Selain berbagai kegiatan kemanusiaan yang melibatkan sebagian besar warga desa Napan dan sekitarnya, kami juga sering meluangkan waktu melihat dunia pendidikan generasi penerus di perbatasan RI – RDTL. Yang bisa kami bagikan adalah semangat juang bela negara lewat pelajaran bela negara pada para siswa”, jelas Letda Honest yang ditemui di Pos Napan Bawah Kamis siang ini (20/10/2016).

Ia mengharapkan lewat materi – materi dan pelajaran kaitannya dengan bela negara yang dibagikan dapat meningkatkan jiwa nasionalisme generasi muda. “Semoga dengan ilmu yang didapat, bisa meningkatkan jiwa nasionalisme generasi muda, tetap terjaga dan tidak terpengaruh ideologi dari negara luar dikarenakan generasi muda ini hidup langsung berbatasan dengan negara lain”, harapnya.

Pantauan NTTOnlinenow.com, sebelum kegiatan berlangsung, terlebih dahulu diawali dengan menyanyikan lagu – lagu nasional dan perjuangan sebagai penyemangat dalam mengikuti pelajaran bela negara yang akan diterima.

Giat bela negara di SD Tes ini dipimpin langsung Letda Honest dengan dibantu 4 orang prajurit dan diikuti peserta sekolah dasar sebanyak 60 orang dengan melibatkan Kepala Sekolah dan guru.

Dan dalam setiap kesempatan mengajar, kegiatan positif TNI yang peduli dengan dunia pendidikan murid sekolah dasar di desa Tes ini mendapat respon yang baik dari kepala sekolah, guru terutama para murid.