Kemensos Monitor Pelaksanaan KBK Alfa Omega II Manutapen

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Kementerian Sosial (Kemensos) RI melakukan monitoring terhadap pelaksanaan program Kelompok Bermain Keluarga (KBK) pada Taman Anak Sejahtera Alfa Omega II Manutapen, Kota Kupang.

Kepala Seksi Pengasuhan Anak Balita, Direktorat Anak Kementerian Sosial RI, Maria Hapsari mengatakan, program KBK tersebut merupakan kerja sama antara Kementerian Sosial dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ChildFund.

“Kunjungan ini merupakan monitoring pelaksanaan program KBK kerja sama dengan ChildFund,” kata Maria kepada wartawan saat berkunjung ke KBK Alfa Omega II di Manutapen, Kupang, Selasa (18/10).

Menurut Maria, pemerintah melalui Kementerian Sosial RI terus mendorong peran aktif kedua orangtua dalam pengasuhan anak. Hal tersebut dinilai penting guna keberlangsungan tumbuh kembang dan pendidikan anak.

Baca : Pulau Nuca Molas Akan Dijadikan Kawasan Pengembangan Ternak

“Beberapa bulan lalu kami telah memberikan pelatihan kepada sejumlah petugas atau pengasuh keluarga terkait penerpan program KBK. Dengan adanya sinergitas dengan ChilFund lebih melengkapi program KBK,” katanya.

Dia mengatakan, hal itu dimaksudkan untuk memberikan penguatan kapasitas kepada keluarga dalam hal ini orangtua maupun penguatan kapasitas anak dalam satu wadah, karena program di kementerian sosial terpisah antara keluarga dan anak.

“Supaya interaksi anak dan orangtua lebih intens, karena kebanyakan orangtua sibuk dengan urusan pekerjaan, atau sibuk dengan gadget sehingga kurang memberikan perhatian terhadap perkembangan anak,” ujarnya.

Dia mengakui, jumlah Taman Anak Sejahtera hingga saat ini masih sangat sedikit karena sosialisasi yang dilakukan belum maksimal. Selain itu, layanan untuk Taman Anak Sejahtera membutuhkan sarana prasarana yang perlu diperkuat.

“Masih belum banyak, palingan satu kabupaten/kota hanya memiliki satu Taman Anak Sejahtera. Untuk di NTT sendiri baru ada empat yakni di Kota Kupang, Kabupaten Kupang dan Kabupaten Alor. Karena ini lebih kepada pelayanan pengasuhan, perawatan dan perlindungan anak,” katanya.

Dia menambahkan, perkembangan Taman Anak Sejahtera Alfa Omega II di Kupang sudah cukup baik. Karean itu, dia berharap, orangtua lainnya juga bisa mengikuti kegiatan dimaksud agar mengetahui pola pengasuhan yang baik terhadap anak.

Pembina Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Alfa Omega II, Yuliana Tussi mengapresiasi upaya Kementerian Sosial RI melalui bimbingan serta perhatian yang diberikan kepada lembaga yang dipimpinnya tersebut.

Meski begitu, Yuliana mengatakan sarana dan prasarana yang dimiliki lembaga tersebut masih sangat minim. Sementara peminatnya sangat banyak. Untuk itu, dia berharap agar pihak pemerintah daerah setempat dapat memberikan perhatian terhadap persoalan tersebut.

“Fasilitas kami masih jauh dari harapan, sarana dan prasarana pendukung masih minim. Kami berharap kepada pemerintah maupun pihak lain yang mau membantu kami sehingga kami dapat meningkatkan mutu maupun kualitas pelayanan ke depannya,” harapnya.