Pemkab Sumba Timur Optimis Swasembada Pangan

Bagikan Artikel ini

Waingapu, NTTOnlinenow.com – Pemerintah Kabupaten Sumba Timur optimis tahun 2017 mendatang akan mewujudkan swasembada pangan dan menjadikan lumbung beras di daerah itu, sehingga dapat menyuplay beras ke daerah-daerah lain.

Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, kepada NTTOnlinenow.com, Jumat (14/10/2016) mengatakan, untuk mewujudkan upaya itu, Kementan, Kodam IX/Udayana bersama pemerintah provinsi dan pemerintah daerah melakukan percepatan tanam melalui pencanangan giat tanam serempak di desa Tanaraing kecamatan Rindi Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Saya sangat mengapresiasi adanya program cetak sawah dan percepatan tanam, yang semestinya pada musim ini lahan pertanian Sumba Timur mengalami kendala dalam menanam padi, namun ini upaya yang luar biasa sehingga para petani dapat memperbaiki ekonomi yang lebih baik” kata Gidion.

Baca : Polres Manggarai Bekuk Pelaku Judi Kupon Putih

Menurut Gidion, desa Tanaraing dinilai memiliki potensi yang cukup besar guna peningkatan dan produktifitas hasil panen sebab lahan persawahan milik warga dilokasi itu telah didukung dengan sistem pengairan yang lebih baik.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa Presiden Joko Widodo telah mencanangkan Indonesia pada tahun 2017 akan datang diharapkan mampu mewujudkan program swasembada pangan” jelasnya.

Lanjutnya, swasemabada pangan merupakan hal yang sangat penting dan bernilai sangat strategis, karna tidak mungkin ketahanan nasional bisa tercapai tanpa ketahanan pangan, dan tidak mungkin ketahanan pangan terwujud tanpa swasembada pangan, pungkasnya (Moh. Habibudin)