Garuda Siap Layani Penerbangan Jarak Dekat di NTT

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – PT Garuda Indonesia (Persero) menyiapkan satu armada pesawat tipe ATR 76 dengan kapasitas sekitar 70 penumpang untuk melayani rute jarak dekat antardaerah dalam provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Kita sudah menyiapkan pesawat baru tipe ATR 76 untuk layani jarak dekat antardaerah di Nusa Tenggara Timur,” kata Manager Stasiun Garuda, Sukriadi kepada wartawan di sela kegiatan talkshow pemangu kepentingan yang diselenggarakan oleh PT Angkasa Pura 1 di Kupang, Kamis (13/10/2016).

Dia mengatakan penyiapan armada tersebut dilakukan untuk melayani rute pendek pada satu pulau seperti Kupang-Atambua maupun antarpulau di provinsi berbasis kepulauan itu.

“Saat ini pesawat baru itu masih berada di luar negeri tinggal menunggu kesiapan bandara setelah itu baru akan beroperasi melayani rute yang nantinya akan ditentukan,” katanya.

Armada tersebut, kata dia, akan ditempatkan di Bandara Eltari Kupang namun nanti akan disesuaikan lagi dengan kondisi bandara setempat terkait lokasi parkir atau homebase.

Menurut dia, layanan penerbangan jarak pendek tersebut disiapkan untuk membantu akses transportasi masyararkat secara cepat dan mudah ke berbagai daerah.

Baca : Pemda NTT Harus Ciptakan Konvensi Daerah

“Kita ingin agar mobilisasi masyarakat dari satu daerah ke daerah lain bisa dilakukan dengan lancar dan mudah dengan dukungan traportasi udara yang semakin memadai,” katanya.

Layanan itu, kata dia, tentu akan membantu peningkatan berbagai bidang lain seperti pariwisata dengan dukungan kesiapan penerbangan yang bisa menjangkau ke berbagai daerah.

“Sebagai maskapai pemerintah kita terus mendorong agar konektivitas semua daerah ke depannya bisa terhubung secara memadai dengan adanya penambahan layanan penerbangan secara bertahap untuk kepentingan umum,” katanya.

Untuk saat ini, sudah ada tiga armada Garuda Indonesia yang melayani berbagai rute dari dan menuju Kupang seperti ATR 76 untuk rute Kupang menuju Flores (Maumere dan Labuan Bajo), Bom Bardir (penerbangan langsung Kupang-Jakarta), dan Boeing 737 800 dari Jakarta, Surabaya, Denpasar menuju Kupang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, Marius Ardu Jelamu mengapresiasi upaya pihak Garuda Indonesia tersebut karena menurut dia akan sangat bermanfaat bagi kemajuhan pariwisata di berbagai daerah yang belum tereksplorasi.

“Kami sangat mengapresiasi upaya dari maskapai Garuda Indonesia ini karena para wisatawan bisa dengan mudah menjangkau destinasi wisata di berbagai daerah,” katanya.

Marius mengatakan, saat ini rute penerbangan dari Kupang ke berbagai pulau di Nusa Tenggara Timur masih belum terpenuhi secara keseluruhan sehingga dengan hadirnya armada baru tersebut diharapkan nantinya bisa menambah daya jangkau tranportasi udara ke daerah.

“Penerbangan ke daerah-daerah sangat membantu terutama bagi wisatawan berusia tua yang sulit menempuh perjalanan panjang dan lama karena mereka bisa langsung memanfaatkan penerbangan tersebut,” tandasnya.