Pemkot Kupang Gratiskan PBB

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Pemerintah Kota Kupang akan menggratiskan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kota Kupang, namun gratisnya itu tidak berlaku bagi semua wajib pajak, tetapi diberikan kepada objek pajak yang nominalnya Rp.100 ribu kebawah.

“Kalau pajaknya Rp.100 ribu kebawah akan digratiskan. Sedangkan yang nominalnya diatas Rp.100 ribu tetap dikenai pajak seperti biasa,” Kata Walikota Kupang, Jonas Salean kepada wartawan.

Baca Juga : Pejabat Pratama Provinsi NTT Akan Menjadi PLT Walikota Kupang

Menurutnya, penggratisan PBB dengan nominal Rp.100 ribu kebawah, karena pemerintah sudah melakukan kajian bahwa objek pajak dibawah harga tersebut berasal dari keluarga miskin dan tidak mampu di Kota Kupang, sehingga pemerintah merasa perlu meringankan beban mereka. Apalagi seiring berkembangnya Kota Kupang, pendapatan asli daerah (PAD) sudah lumayan besar dari PBB, dan warga miskin yang tidak mampu perlu dibebaskan dari biaya-biaya yang membebani mereka.

Baca Juga : Bawaslu NTT Rekrut 600 Relawan Pemilihan Bupati/Walikota 2017

Menurutnya, program ini bukan meniru daerah seperti Jakarta, tapi program ini murni dari pemerintah Kota Kupang untuk membantu warga.

“Kalau Jakarta daerah yang sudah sangat maju dan hampir semua warga dibebaskan dari PBB. Tapi untuk Kota Kupang tidak bisa diberlakukan secara umum, karena Kota Kupang masih mengandalkan PBB sebagai penyumbang PAD terbesar,” Ujarnya.