Curhat Jeronio, Minta Jokowi Bebaskan Ibunya Yang Ditahan di Timor Leste

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kesedihan yang melanda Jeronio Gonsalves usia 13 tahun dan adiknya Soraya Gonsalves 1,3 tahun memang cukup berat. Apalagi, adiknya masih kecil yang sedang menyusui harus dipisahkan dari sang Ibu.

Hari ini, genap satu bulan lima hari Jeronio bersama adiknya Soraya terpisah jauh dari belaian dan kasih sayang Ibunya Antoneta Gonsalves, pasca ditahan pihak Timor Leste pada tanggal 1 September lalu, ketika hendak mengikuti acara adat keluarga di Atsabe, Ermera, Timor Leste.

“Kami minta Bapak Presiden Jokowi pulangkan ibu saya yang ditahan di Timor Leste,” pinta Jeronio sembari meneteskan air mata ketika ditemui awak media di kediaman orang tuanya di Salimagu, Dusun Bautasik, RT.06/RW 03, Desa Kabuna, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-Timor Leste, Kamis (6/10/2016).

Baca Juga : Empat WNI Asal Belu Diproses Hukum dan Ditahan di Ermera-Timor Leste

Tangis tak terbendung disaat Jeronio yang memegang foto ibunya didampingi Ayah Selestino A. Gonsalves sambil menggendong adiknya Soraya mengisahkan, sejak Ibunya ditangkap dan ditahan di Timor Leste dirinya jarang pergi ke sekolah, lantaran harus mengurus adiknya yang masih kecil.

“Saya tidak pergi sekolah karena jaga saya punya adik. Sudah lima hari tidak sekolah. Di sekolah guru juga marah saya catatan tidak ada karena saya jaga adik,” tutur Jeronio yang masih duduk dibangku kelas II SMP Stella Maris itu.

Masih menurut Jeronio, sudah satu bulan lima hari ibunya belum pulang ke rumah karena ditahan aparat keamanan Timor Leste ketika hendak mengikuti acara adat keluarga di Ermera. Dia mengaku, selama ini sang ayah bersama dirinya bergantian mengambil peran Ibu memasak, memandikan dan menjaga adiknya.

Baca Juga : Anak-Anak Masih Kecil Butuh Kasih Sayang Seorang Ibu

“Saya minta Bapak Presiden Jokowi, tolong pulangkan mama saya ke rumah, supaya bisa jaga adik, memasak dan saya bisa kesekolah,” pinta Jeronio sekali lagi.

Untuk diketahui Antoneta Gonsalves bersama Tomaja Elisia Tilman ditahan aparat keamanan Timor Leste tanggal 1 September lalu saat membawa tiga ekor ternak babi untuk keperluan urusan adat di Ermera. Saat ini kedua ibu tersebut tengah diproses hukum dan ditahan di Negara Timor Leste.