WALHI Latih Orang Muda NTT Berwawasan Ekologis

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Pelatihan Kader Rakyat Dasar (PKRD) bagi mahasiswa, relawan WALHI NTT dan perwakilan petani.

Pelatihan ini berlangsung dalam tiga tahap. Tahap pertama pada 4 – 5 Oktober 2016, 6 – 7 November 2016 dan 8 – 9 Desember 2016. Kegiatan ini mengangkat tema “Wahana Calon Pemimpin Muda NTT yang Berwawasan Lingkungan”.

Direktur Eksekutif WALHI NTT, Umbu Wulang Tanaamahu Paranggi mengatakan, kegiatan ini merupakan program yang didasari oleh mandat untuk WALHI NTT. Mandat tersebut diberikan oleh seluruh anggota di NTT dalam Pertemuan Daerah Lingkungan Hidup di Maumere pada Februari 2016.

”Kegiatan ini dalam upaya menumbuhkembangkan pengetahuan ekologis bagi orang-orang muda NTT. Baik itu, dari mahasiswa, petani dan kalangan lainnya,” kata Umbu Wulang kepada wartawan di Kupang, Rabu (05/10/2016).

Baca Juga : Jumlah Petani Menurun, PIKUL dan OXFAM Ajak Anak Muda Bertani

Menurut Umbu Wulang, kegiatan itu dilakukan untuk membuka cakrawala pengetahuan orang muda terkait dengan berbagai persoalan ekologis di NTT. Diantaranya tentang bahaya pertambangan di pulau-pulau, krisis sumber daya air dan maraknya privatisasi daerah pesisir yang tengah marak di NTT atas nama pariwisata.

“Persoalan – persoalan tersebut terjadi akibat kebijakan yang tidak berpihak pada kepentingan publik dan keselamatan ekologis,” katanya.

Dia menyampaikan, persoalan lingkungan merupakan persoalan kolektif, di era yang marak penyimpangan dan pencemaran lingkungan haruslah memperkuat daya juang rakyat dalam kegiatan-kegiatan dan kampanye lingkungan di masyarakat, sebab persoalan lingkungan merupakan persoalan serius yang membutuhkan pikiran dan kerja serius dalam penanganannya.

“Hal inilah yang menjadi acuan kritis Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Eksekutif Daerah NTT membentuk pelatihan seperti ini, dan diharapkan Sahabat Alam (SHALAM) sebagai organisasi underbound WALHI NTT mampu memberikan pendidikan lingkungan dan kampanye-kampanye lingkungan hidup di masyarakat NTT,” tandasnya.