42 Orang Daftar Audisi Puteri Pariwisata NTT

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) membuka pendaftaran audisi untuk pemilihan Puteri Pariwisata dan Duta Wisata 2016/2017. Sebanyak 42 orang dari sejumlah kabupaten/kota di NTT telah mendaftar untuk mengikuti audisi yang akan digelar 6-8 September 2016 di Kupang.

Untuk puteri pariwisata, peserta yang mendaftar adalah perseorangan, sedangkan duta wisata, peserta yang mendaftar sudah dalam bentuk pasangan yakni putera dan puteri.

“Acara audisi akan digelar tanggal 6-8 September 2016 di Kupang. Peserta yang mendaftar adalah peserta yang sudah lolos seleksi di tingkat kabupaten/kota,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, Marius Ardu Jelamu kepada wartawan di Kupang, Senin (5/9).

Menurut Marius, bagi peserta yang dinyatakan lolos audisi untuk puteri wisata tingkat provinsi akan dikirim untuk mengikuti audisi tingkat nasional yang akan digelar pada 16-30 September 2016 di Jakarta. Sedangkan yang lolos audisi duta wisata akan mengikuti audisi tingkat nasional pada Desember 2016 di Provinsi Papua.

NTT tidak hanya dikenal karena objek wisatanya, tetapi brandingnya juga harus dikenal secara luas. Sebab, putera-puteri NTT juga sangat berpotensi dalam bidang wisata.

“NTT tidak hanya menjual kekayaan destinasi wisatanya, tetapi  potensi kemampuan dan sumber daya manusia juga harus dijual agar dikenal lebih jauh,” jelasnya.

Adapun kriteria dalam audisi tersebut yakni usia peserta minimal 17 tahun dan maksimal 23 tahun (belum menikah) dan tercatat sebagai pemenang dalam audisi di tingkat kabupaten/kota. Bagi
peserta yang lolos audisi dan dinyatakan sebagai pemenang di tingkat kabupaten/kota, dikirim ke tingkat provinsi. Selanjutnya peserta yang lolos audisi di provinsi otomatis dikirim untuk mengikuti audisi tingkat nasional.

Dia menambahkan, masih ada syarat lain diantaranya setiap peserta minimal menguasai atau mengenal salah satu motif daerah masing-masing, memiliki pengetahuan tentang wisata dan juga pengetahuan umum, menguasai bahasa asing dan mempunyai wawasan yang luas.