Yachter Dunia akan meriahkan Hari Nusantara 2016 di Lembata

Bagikan Artikel ini

Jakarta, NTTOnlinenow.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Sandjojo bersama Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, me-launching Hari Nusantara (Harnus) 2016, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (22/8/2016) malam.

Dikatakan Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, sebagai destinasi prioritas maka pembangunan infrastruktur dan promosi pariwisata di NTT harus gencar dilakukan termasuk dalam memanfaatkan momentum Harnus 2016, di Lembata. Provinsi NTT, tambah Arief Yahya, memiliki potensi alam (nature), budaya (culture) dan daya tarik buatan manusia (manmade) yang kuat, diantaranya Pulau Komodo sebagai destinasi kelas dunia dan tradisi memburu paus di Lamalera, Lembata yang menarik wisatawan dunia. Kabupaten Lembata juga menjadi titik labuh faforit bagi wisatawan yachter dunia dan menjadi tren kunjungan yacht.

Penyelenggaraan Harnus 2016 yang mengangkat tema “Tata Kelola Potensi Maritim Nusantara Yang Baik Menuju Poros Maritim Dunia” serta sub-tema “Dari Lembata Nusa Tenggara Timur Membangun Potensi Maritim Nusantara”, dijadwalkan puncak acara berlangsung di Lewoleba (Lembata) pada 13 Desember 2016 mendatang. Momentum berskala nasional ini mengandung tujuan untuk menegaskan Indonesia sebagai poros maritim dunia di kawasan khusus ekonomi maritim ALTAKA (Alor, Lembata dan Larantuka) ternyata mampu mensejahterakan masyarakat.

“Melalui event nasional tersebut, diharapkan dapat merubah pola pikir bangsa Indonesia terkait dengan ruang hidup diantara darat dan laut. Sekaligus menjadikan bidang kelautan dan pariwisata sebagai arus utama (mainstream) pembangunan nasional serta mempercepat pembangunan infrastruktur di NTT. Harnus 2016 menjadi momentum untuk mempromosikan pariwisata Labuan Bajo yang dimiliki NTT sebagai salah satu destinasi prioritas dari “10 Bali Baru” untuk mendukung target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 270 juta wisatawan nusantara (wisnus) pada 2019 mendatang,” kata Menpar Arief Yahya, pada jumpa pers launching Harnus 2016, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Jakarta, Senin (22/8) malam.

Menpar, menjelaskan kunjungan wistawan ke NTT tahun 2015 mencapai 2,8 juta, sedangkan yang berkunjung ke Kabupaten Lembata sebanyak 5.000 wisatawan termasuk 1.000 wisman yang sebagian adalah para yachter dunia. “Para yachter kita undang dalam event Wonderful sail 2 Indonesia sebagai core event Harnus 2016 yang berpartisipasi diantaranya para peserta dari Lithuania, Amerika erikat, Jerman, Filipina, Australia, Belanda, Perancis, Inggris dan Selandia Baru.

Puncak acara Harnus 2016, akan disemarakkan dengan parade kapal, olahraga bahari, perburuan paus serta barbagai festival bahari termasuk Wonderful Sail 2 Indonesia. Para wisatawan yang hadir pada puncak peringatan Harnus 2016, akan menikmati obyek wisata NTT, diantaranya Bukit do’a Watomiten, Bukit Cinta, Kuma Resort Waijarang, Pantai Jontona. Termasuk Fosil Paus Biru di desa Watodiri jontona yang terdampar pada 2008 serta lokasi budidaya kerang mutiara Indopearls, di Waienga, Lebatukan.(Humas Pemprov NTT)