Polda NTT Diminta Tuntaskan Kasus Pembunuhan yang Belum Terungkap

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) dan jajarannya diminta untuk menuntaskan sejumlah kasus pembunuhan yang terjadi di daerah itu dan hingga saat ini tidak ada kejelasan atau belum terungkap.

Kasus pembunuhan adalah masalah kemanusiaan yang semestinya menjadi prioritas Polda NTT. Sama halnya dengan kasus perdagangan orang (human trafficking) yang mulai diungkap oleh pihak kepolisian NTT.

“Masih banyak peristiwa pembunuhan yang belum terungkap oleh Polda NTT, padahal pembunuhan adalah masalah kemanusiaan,” kata anggota DPRD NTT, Gabrial Manek di Kantor DPRD NTT, saat rapat dengar pendapat dengan Polda NTT, Kamis (25/8).

Gabrial mengapresiasi kinerja Polda NTT yang mengungkap kasus perdagangan orang, namun untuk kasus pembunuhan, masih banyak yang mengendap bahkan ada yang sama sekali tidak diproses secara hukum.

Polda NTT dan jajarannya diminta agar sungguh-sungguh dan berani mengungkap kasus pembunuhan agar menjadi kepastian hukum bagi masyarakat dan juga keluarga korban.

Menurut Gabrial, khususnya di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), sudah beberapa kali terjadi kasus pembunuhan yang korbannya adalah tahanan Polsek, namun pelakunya sulit diungkap.

Kapolda NTT, Brigjen Pol E. Widyo Sunaryo menegaskan semua kasus pembunuhan yang belum terungkap sedang dalam proses sehingga lambat atau cepat tetap diproses. Setiap kasus pembunuhan pasti pelakunya terungkap namun pihak kepolisian tetap memproses sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kasus pembunuhan misalnya di Timor Tengah Utara (TTU) pasti terungkap karena sekarang polisi sedang kerja keras untuk mengungkap pelakunya,” tegasnya.

Dia menyampaikan, kasus pembunuhan yang belum terungkap masih dalam proses, bukan diendapkan. Selain kasus pembunuhan, Polda NTT juga kerja keras untuk mengungkap kasus perdagangan manusia yang cukup meresahkan masyarakat.

Polda NTT komiteman mengungkap masalah-masalah kemanusiaan seperti trafficking dan juga pembunuhan. Selain itu, kasus-kasus narkoba juga menjadi pekerjaan serius Polda NTT.