Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme Lewat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Empat pilar kebangsaan yakni, Pancasila, UUD, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika merupakan dasar negara Indonesia. Sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada masyarakat sangat penting dilakukan.

Hal tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkan kembangkan rasa nasionalisme bagi generasi muda bangsa Indonesia sekaligus menguatkan jiwa nasionalisme yang kian luntur seiring perkembangan zaman.

Anggota DPR Republik Indonesia (RI) Ferry Kase kepada NTTOnlinenow.com, Senin (22/8/2016) menjelaskan, dirinya berkomiten untuk selalu mensosialisasi empat pilar kebangsaan, terlebih bagi masyarakat yang berada di daerah terpencil atau di daerah perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

Menurut dia, masih terdapat sebagian besar masyarakat khususnya di daerah perbatasan, baik anak-anak pelajar tingkat SD maupun orang dewasa yang belum memahami nilai-nilai kebangsaan yang terdapat dalam empat pilar tersebut.

“Saya baru selesai lakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan untuk masyarakat di Desa Tapenpah, Kecamatan Insana, Kabupaten TTU hari Sabtu (18/8) kemarin. Antusias masyarakat setempat sangat tinggi untuk mengikuti sosialisasi,” ujar Ferry.

Lanjut Anggota Komisi X DPR RI itu, biarpun kurangnya perhatian pembangunan dari berbagai aspek, namun nilai-nilai kebangsaan dalam empat pilar harus tetap tertanam dalam diri masyarakat sehingga tetap memiliki rasa cinta akan tanah air Indonesia.

“Tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Desa Tapenpah sangat mengapresiasi sosialisasi tersebut,” sebut dia.

Masih menurut Ferry, sosialisasi empat pilar kebangsaan negara Indonesia itu akan terus berlanjut pada daerah-daerah lain dalam kunjungan kerja berikutnya.

“Kita fokus terus berikan penguatan nilai-nilai kebangsaan bagi generasi muda bangsa Indonesia melalui sosialisasi itu, supaya tidak pupus rasa nasionalisme dan cinta tanah air,” tandas Anggota Fraksi Partai Hanura itu.