2658 Desa di NTT Dapat Batuan Program DeMAM

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Sebanyak 2.658 dari 3.271 desa di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapat dana bantuan program Desa Mandiri Anggur Merah (DeMAM). Sampai dengan Agustus 2016, dana yang beredar di masyarakat sebesar Rp.655 miliar dengan pengembalian sebesar Rp 133 miliar (25,17%).

Hal ini disampaikan Gubernur Nusa Tenggara Timur, Frans Lebu Raya saat pidato 16 Agustus menjelang HUT RI ke-71 di Kupang, Selasa (16/8/2016)

Menurut Gubernur Lebu Raya, dana tersebut sangat bermanfaat untuk dikelola oleh masyarakat karena itu diharapkan dana itu harus dimanfaatkan dengan baik.

Lebu Raya berharap para kepala desa tidak hanya menyibukan diri dengan mengurus surat pengantar saja, tetapi harus tahu persis kondisi masyarakat di wilayahnya termasuk jumlah ibu-ibu yang hamil dan melahirkan.

“Kepala desa jangan hanya urus surat keterangan saja tapi harus tau masyarakatnya lapar atau tidak. Kepala desa juga harus tau berapa banyak ibu-ibu yang hamil dan juga melahirkan,” tegas Lebu Raya.

Dia optimistis 5 hingga 10 tahun ke depan NTT lebih maju dan sama seperti daerah-daerah lainnya di Indonesia. Untuk memajukan sebuah daerah dibutuhkan kebersamaan dan komitmen dari semua pihak.

Disampaikan, perguliran dana DeMAM berbasis usaha ekonomi produktif. Dana yang telah digulirkan pada tahun 2011 itu sangat bermanfaat bagi anggota kelompok masyarakat. Dana yang tersedia sebesar Rp.250 juta per desa yang dikelola oleh kelompok masyarakat dengan jenis usaha yang berbeda-beda.

“Program DeMAM fokus pada usaha ekonomi produktif, yaitu peternakan, pertanian, dan perikanan. Peningkatan produktivitas tenaga kerja sektor pertanian mampu mendorong penurunan penduduk miskin di daerah itu,” jelasnya.

Dia menambahkan, program DeMAM mampu memfasilitasi modal usaha 326 koperasi simpan pinjam dengan 8.735 kelompok usaha dan 96.428 anggota yang tersebar di 1.480 desa di NTT.