PT MS Group Akan Bangun Pabrik Baja di NTT

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – PT Manunggal Sejati Grup saat ini melakukan penjajakan dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk membangun pabrik baja di Kupang. Perusahaan yang memproduksi baja itu akan merekrut 2000 hingga 3000 tenaga kerja yang merupakan putra daerah NTT.

Direktur Utama PT Manunggal Sejati Grup, Sundoro Sasongko mengemukakan anggaran yang disiapkan untuk membangun perusahaan tersebut sebesar Rp 300 miliar lebih. Mengingat perusahaan itu cukup besar maka lahan yang dibutuhkan seluas 50-80 hektare.

“Saya masih cari-cari lokasi kalau dapat di pinggir pantai seperti di Bolok lebih bagus karena dekat dengan pelabuhan sehingga bongkar muat meterial lebih gampang,” kata Sundoro di Kupang, Selasa (16/8).

Dia menjelaskan, semula adanya informasi yang berkembang bahwa NTT adalah daerah yang gelap karena daya listrik tidak kuat. Selain itu, ada pula isu bahwa NTT tidak memiliki pelabuhan laut, namun setelah disurvei ternyata isu-isu tersebut tidak benar.

Dikatakan, PLN cabang Kupang bersedia menyuplai aliran listrik sebesar 3 juta mega Watt untuk memenuhi kebutuhan PT Manunggal Sejati Grup. Saat ini sedang disiapkan tim ahli dari Singapura untuk didatangkan ke Kupang guna melakukan survei titik air yang dianggap mampu untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

“Saya harap kerjasama ini dengan pemerintah Provinsi NTT berjalan baik. Selama ini yang didengar hanya PT Semen Kupang, sekarang ternak sapi, dan sekarang kami mau bangun perusahaan baja,” katanya.

Menurut Sundoro, NTT tidak kalah dengan daerah lain sehingga Kupang dipilih sebagai tempat dibangunnya perusahaan tersebut. Adapun pertimbangan lainnya adalah hasil produksi perusahaan itu akan dikirim ke Timor Leste yang lebih dekat dengan NTT.

Dia menyampaikan, produksi perusahaan tersebut diprioritaskan untuk kebutuhan masyarakat di NTT. Bahan baku yang dibutuhkan adalah bahan bekas yang ada maupun bahan impor. Mesin pabrik yang dipakai adalah mesin serbaguna yang akan memproduksi besi baja aser ukuran kecil hingga besar.

Kepala Biro Humas Setda NTT, Samuel Pakereng mengakui pimpinan PT Manunggal Sejati Grup sudah menemui gubernur dan melakukan koordinasi terkait rencana pembangunan perusahaan dimaksud.

“Ini adalah niat baik dari PT Manunggal Sejati Grup untuk membangun perusahaan di Kupang. Pimpinan perusahaan sudah bertemu Gubernur NTT,” kata Pakereng.