Guide Pariwisata Ikut Pelatihan Menyelam Di Perairan Maumere

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kupang, NTTOnlinenow.com – Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) VII Kupang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi NTT telah mengadakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan menyelam tingkat Provinsi NTT di Maumere Kabupaten Sikka (9/8/2016).

Kegiatan yang ditujukan bagi para guide pariwisata dari beberapa Kabupaten di kepulauan Flores yang berjumlah 20 personil itu berlangsung selama 5 hari yaitu dari tanggal 9 sampai dengan 13 Agustus 2016.

Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari ini meliputi pelatihan teori selam dasar, pengenalan peralatan selam, uji coba renang dan fin sweeming, serta dasar-dasar penyelaman dengan kedalaman lima meter yang dilaksanakan di Kolam Renang Umum. Setelah peserta mahir di kolam renang, dilanjutkan dengan praktek renang atau fin sweeming dan menyelam di laut sampai dengan kedalaman sepuluh meter, yang dilaksanakan di perairan laut Maumere.

Kepala bidang Destinasi Disparekraf, Beni Wahon yang mewakili Kepala Dinas Pariwisata menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini diadakan sebagai upaya pengenalan keterampilan selam bagi para guide wisata.

“Kegiatan pelatihan yang ditujukan kepada para guide pariwisata ini, sebagai suatu upaya pengenalan keterampilan selam bagi para guide wisata, agar kedepannya mampu mengikuti wisatawan yang mau melakukan penyelaman di berbagai tempat wisata yang ada di NTT.
Wahon juga mengatakan, untuk lebih meningkatkan kemapuannya, para guide harus bisa mengikuti pelatiahan selam yang diselenggarakan di setiap tempat tugasnya.

Lanjutnya, “Dikarenakan waktu yang terbatas ini para peserta yang telah menjalani diklat nantinya belum bisa menjadi master dive. Dan apabila yang bersangkutan ingin lebih mendalaminya lagi para peserta dapat meningkatkan kemampuannya tersebut dengan mengikuti berbagai pelatihan selam yang ada di masing masing tempat mereka bertugas”.

Sementara Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Lantamal VII, Letkol Laut, Yano Wenas dalam sambutannya menyampaikan bahwa satuan kerja Dispotmar memiliki tanggung jawab yang sama dengan bidang kerja kabid Destinasi yaitu dalam hal membangun potensi maritim yang dengan salah satunya mengadakan pendidikan tentang penyelaman.

Ia pun berharap kedepannya kegiatan serupa yang dapat menumbuhkan kesadaran para generasi muda untuk mencintai laut dan menggali potensi yang ada di laut seperti yang termaktub dalam 5 Pilar Maritim Bapak Joko widodo. Selain itu dapat memberikan manfaat kepada para guide sehingga ke depan mampu menumbuhkan rasa cinta bahari, sekaligus kemampuannya dapat diberdayakan guna mendukung kepentingan pertahanan di laut.