Program Water Hibah Capai 80 Persen

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Bantuan Pemerintah kota Kupang berupa program Hibah Air Minum yang dinamakan Water Hibah (WH) untuk 2016 saat ini sementara dalam proses pemasangan jaringan sekunder.

“Progres pelaksanaan pemasangan jaringan sekunder saat ini sudah mencapai 80 persen,” kata Direktur PDAM Kota Kupang,Noldy Mumu kepada wartawan di kantornya, Jumat (12/8).

Noldy Mumu menjelaskan,program WH ini merupakan program pemerintah pusat melalui kementrian PU menurunkan secara hibah kepada pemerintah daerah untuk dapat memperluas cakupan pelayanan air minum perpipaan di wilayah Kota Kupang. Untuk tahun 2016 dari jumlah penerima WH ini sesuai hasil indentifiaski sebanyak 3000, namun dari verifikasi lapangan oleh pusat yang disetujui hanya 2.500 yang mendapat pemasangan WH tersebut.

“Sebanyak 2.500 penerima program WH tersebar di 12 kelurahan yang ada di Kota Kupang. Sehingga saat sudah memasuki tahapan pemasangan jaringan sekunder yaang diperkirakan sekitar akhir Agustus sudah bisa selesai, dan pada bulan Sepetember nantinya  baru dilakukan pemasangan sambungan rumah,” jelas Noldy.

Noldy mengaku, Program WH yang saat sementara dalam pelaksanaan pemasangan jaringan sekuder bagi 2.500 rumah tangga sasaran ini,merupakan wilayah yang secara ketentuan teknis terkoneksi dengan jaringan induk dari Tilong seperti Liliba, Naimata, Fatului, Pasir Panjang, Oesapa, dan Oesapa Selatan.

”Sebenarnya program WH keinginan kami untuk semua, namun karena hasil verifikasi lapangan oleh mereka dari pusat, maka tentunya bagi wilayah yang saat ini belum dapat terpasang tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan pemasangan. Karena diluar dari program WH, PDAM masih membuka peluang untuk pemasangan reguler dengan dikenakan biaya pemasangan berkisar Rp 1 juta 500 hingga Rp 2 juta,” katanya