NTT Juara Satu Qoriah Perempuan Dewasa MTQ Nasional

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Gubernur Minta Kontingen MTQ NTT Pertahankan Prestasi
Kupang, NTTOnlinenow.com – Kesuksesan Kontingen Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merebut Juara I pada cabang Qoriah Perempuan Dewasa pada lomba MTQ tingkat Nasional yang diselenggarakan di Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) haruslah dipertahankan.

Pasalnya, kemenangan yang diraih kontingen MTQ NTT pada cabang Qoriah Perempuan Dewasa atas nama Chairunissa asal Kabupaten Ende adalah cabang paling favorit dari setiap cabang yang diperlombakan dalam MTQ Nasional.

Hal ini disampaikan Gubernur NTT, Frans Lebu Raya saat menerima kontingen Tim MTQ Provinsi NTT di ruang rapat Gubernur NTT, Senin (8/8).

“Untuk meraih prestasi itu mudah namun untuk mempertahankan prestasi itu sangatlah sulit, jadi saya minta sebagai Gubernur NTT agar terus mempertahankan prestasi yang sudah didapat dan juga kedepannya pada cabang-cabang yang lain juga harus berprestasi. Yang belum berprestasi harus terus menerus berlatih,“ ujarnya.

Lebu Raya meminta kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran agar para peserta yang akan mengikuti kejuraan MTQ dilakukan pembinaan terlebih dahulu. Menurutnya, pembinaan harus dilakukan secara sistematis sehingga kedepannya Kontingen MTQ NTT mampu bersaing dengan peserta-peserta dari provinsi lainnya.

Selain itu, Lebu Raya juga berpesan kepada qoriah-qoriah agar menjadi pemimpin di tengah-tengah masyarakat dengan mengedepankan nilai-nilai kebersamaan sehingga dengan lebih menjaga perilaku.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi NTT, Anwar Pua Geno mengatakan, mengapresiasi qoriah-qoriah asal NTT yang telah mengharumkan nama NTT di tingkat MTQ Nasional yang diselenggarakan di Mataram, NTB beberapa waktu lalu.

Menurut Anwar, keberhasilan qoriah asal NTT saat kejuaraan MTQ tingkat Nasional merupakan sejarah baru bagi NTT. Pasalnya, dalam sejarah MTQ tingkat Nasional sejak tahun 1968 baru kali ini NTT berhasil masuk final dan meraih juara satu atas nama qoriah asal Kabupaten Ende.

“Kita patut berbangga karena qoriah kita dapat mengharumkan nama NTT di tingkat Nasional. Ini adalah prestasi yang patut dibanggakan. Kita berharap kedepannya pada cabang-cabang lainnya, qoriah-qoriah asal NTT dapat berprestasi lagi, “ ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kontingen MTQ NTT, Jamal Ahmad mengatakan, jumlah peserta dari NTT yang mengikuti kejuaraan MTQ tingkat Nasional di Mataram, NTB sebanyak 22 peserta mengikuti lima cabang dari tujuh cabang yang diperlombakan.

Jamal mengungkapkan, qoriah asal NTT yang menjurai cabang faforit yakni cabang qoriah dewasa perempuan atas nama Chairunissa asal Kabupaten Ende akan mengikuti kejuaraan MTQ tingkat dunia yang akan diselenggarakan di Malayisia.

Chairunissa, sang juara qoriah dewasa asal Kabupaten Ende, menyampaikan terima kasih kepada Gubernur NTT, seluruh masayarkat NTT, masyarakat Kabupaten Ende dan Pemerintah Kabupbten Ende dan juga para pembina yang telah membantu mendukung Kontingen MTQ NTT mengikuti kejauran MTQ tingkat Nasional di Mataram, NTB.

Dia juga mengatakan, dengan prestasi yang diraih itu, dirinya akan menjadi pendamping bagi qoriah-qoriah asal Kabupaten Ende dalam even MTQ tingkat Provinsi dan juga yang akan mewakili Provinsi NTT di ajang tingkat Nasional berikutnya.

Pasalnya, pada cabang yang dimenangkanya saat ini, tidak bisa diikutinya lagi. Karena pada cabang ini setiap qoriah yang telah medapat juara tidak diperkenankan mengikuti lagi. Selian itu, dirinya juga akan berusaha semampunya untuk memberi yang terbaik pada kejuaraan MTQ tingkat dunia yang akan diselenggarakan di Malaysia.