Pembangunan PLBN Mota’ain Capai 93 Persen, Akan Selesai Bulan Oktober Ini

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Realisasi pembangunan Pintu Lintas Batas Negara (PLBN) di Mota’ain negara Timor Leste yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya kini telah mencapai kurang lebih 93 persen.

Proyek pembangunan PLBN Mota’ain secara bertahap. Dipastikan pembangunan tahap pertama PLBN Mota’ain akan selesai pada bulan Oktober 2016 mendatang dan tahap kedua pembangunan pasar serta jembatan timbang.

Demikian disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia, Basuki Hadimuljoni kepada awak media saat melakukan kunker ke Mota’ain, Desa Silawan, Kecamatan Tastim, Kabupaten Belu, Kamis (4/8).

Menurut Basuki, PLBN Mota’ain merupakan salah satu bagian dari tujuh PLBN yang dibangun Pemerintah Indonesia di pintu perbatasan dengan Negara tetangga, seperti PLBN Aruk, Entikong, Badau, Motamasin, Wini dan Skouw.

“Total anggaran untuk tujuh PLBN senilai Rp 900 miliar. Untuk selesai seluruh pembangunan PLBN pada tahun 2017 dan masih butuh dana 1,7 triliun,” ujar dia.

Dijelaskan, tujuan utama untuk pembangunan PLBN ini untuk membuat kita percaya diri, bahwa kita negara Indonesia adalah negara yang besar. Selain itu juga untuk meningkatkan kesejahteraan pusat-pusat ekonomi di daerah perbatasan. “Kita ada pasar perbatasan, warga negara sebelah bisa belanja dan ini bisa buat ekonomi warga di perbatasan jadi sejahtera,” papar Basuki.

Masih menurut Basuki, keberadaan PLBN ini jadi beranda terdepan Negara Indonesia. Tahap pertama pembangunan untuk administrasi Imigrasi dan Beacukai akan selesai, setelah itu lanjut pembangunan tahap kedua.

“Pembangunan PLBN terpadu Mota’ain akan sama bangunannya dengan PLBN lainnya. Sejauh ini tidak ada kendala pembangunan PLBN Mota’ain, karena masyarakat di perbatasan Silawan serahkan lahan secara baik untuk pembangunan.