Banyak SPBU kehabisan BBM, bos Pertamina salahkan parahnya kemacetan

Jakarta, NTTOnlinenow.com – Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Sutjipto mengatakan kosongnya bahan bakar minyak (BBM) di beberapa stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di sepanjang tol dan ruas jalan Brebes akibat dari kemacetan yang mengular. Menurutnya, hal ini berdampak pada meningkatnya permintaan yang di luar prediksi.

“Itu kan macet habis itu numpuk, akhirnya permintaan naik 200 persen. Itu antrean karena numpuk permintaan naik, di luar prediksi kita,” kata Dwi kepada merdeka.com saat ditemui di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (6/7).

Dia menambahkan, kemacetan saat arus mudik juga menyebabkan proses distribusi BBM terhambat. Meski pihaknya sudah menggandeng kepolisian, namun tidak cukup membantu mempercepat perjalanan truk BBM.

“Supply terhalang oleh kemacetan meskipun sudah dikawal polisi ya tapi kecepatannya tidak seperti biasanya, akhirnya kita juga terlambat mendistribusikannya,” tambahnya.

Dirinya berjanji agar BBM dapat tersalurkan secara tepat sasaran, pihaknya akan memperketat proses pembelian. Pertamina mengancam akan memberi sanksi bagi SPBU yang menjual BBM untuk diperdagangkan kembali.

“Jangan mau beli yang dimahalin,” pungkasnya.

Sebelumnya, kemacetan parah terjadi di Tol Pejagan arah Brebes. Meski sudah diberlakukan sistem contra flow untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas, ToL Pejagan-Brebes cenderung tak bergerak, Senin (4/7) pagi.

Banyak kendaraan yang kehabisan bahan bakar minyak. Volume arus lalu lintas kendaraan di jalur pantura padat merayap sejak Minggu (3/7) malam.

“Pemudik yang akan melintasi tol Pejagan-Brebes disarankan mengisi penuh bahan bakar kendaraan, dikarenakan SPBU pertama berada di Kaligangsa, Tegal,” tulis aku twitter TMC Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro.

Pemudik dengan akun dennis oktavianto @pembangkang14 mengatakan, banyak kendaraan yang kehabisan bahan bakar minyak. SPBU di Brebes banyak yang stoknya habis, padahal banyak pengendara yang ke luar dari Tol Pejagan ingin mengisi BBM.

“@PTPERTAMINA hay Pertamina, kami kehabisan bensin nih, sampai mogok mobil kami, padahal sudah 4 POM bensin kami datangi mohon bantuanya. Lokasi Brebes,” tulisnya.

“@lewatmana #mudik #mudikmotor waspada bensin eceran seputar brebes matok harga hingga Rp. 30.000 / liter..” tulis akun Dian Sasmita @TerapiInggris.

“Bagi pemudik yang akan melewati daerah Brebes baik dari jalur Utara, tengah dan selatan. Diharapkan untuk membawa bensin ,” tambah Viking Brebes @VikingBrebes.

“Imbas banyaknya kendaraan yg mogok akibat kehabisan bahan bakar, #Lalin di tol Pejagan (arah Brebes) padat cenderung tdk bergerak #mudik2016,” TMC Polda Metro.
Sumber: Merdeka.com

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*