Sejarah Alor

E-mail Print PDF

Menurut ceritra yang beredar di masyarakat Alor, kerajaan tertua di Kabupaten Alor adalah kerajaan Abui di pedalaman pegunungan Alor dan kerajaan Munaseli di ujung timur pulau Pantar. Suatu ketika, kedua kerajaan ini terlibat dalam sebuah Perang Magic. Mereka menggunakan kekuatan-kekuatan gaib untuk saling menghancurkan. Munaseli mengirim lebah ke Abui sebaliknya Abui mengirim angin topan dan api ke Munaseli. Perang ini akhirnya dimenangkan oleh Munaseli.

Konon, tengkorak raja Abui yang memimpin perang tersebut saat ini masih tersimpan dalam sebuah goa di Mataru. Kerajaan berikutnya yang didirikan adalah kerajaan Pandai yang terletak dekat kerajaan Munaseli dan Kerajaan Bunga Bali yang berpusat di Alor Besar. Munaseli dan Pandai yang bertetangga, akhirnya juga terlibat dalam sebuah perang yang menyebabkan Munaseli meminta bantuan kepada raja kerajaan Majapahit, mengingat sebelumnya telah kalah perang melawan Abui.

Sekitar awal tahun 1300-an, satu detasmen tentara bantuan kerajaan Majapahit tiba di Munaseli tetapi yang mereka temukan hanyalah puing-puing kerajaan Munaseli sedangkan penduduknya telah melarikan diri ke berbagai tempat di Alor dan sekitarnya. Para tentara Majapahit ini akhirnya banyak yang memutuskan untuk menetap di Munaseli, sehingga tidak heran jika saat ini banyak orang Munaseli yang bertampang Jawa. Peristiwa pengiriman tentara Majapahit ke Munaseli inilah yang melatarbelakangi disebutnya Galiau (Pantar) dalam buku Negarakartagama karya Empu Prapanca yang ditulisnya pada masa jaya kejayaan Majapahit (1367). Buku yang sama juga menyebut Galiau Watang Lema atau daerah-daerah pesisir pantai kepulauan. Galiau yang terdiri dari 5 kerajaan, yaitu Kui dan Bunga Bali di Alor serta Blagar, Pandai dan Baranua di Pantar. Aliansi 5 kerajaan di pesisir pantai ini diyakini memiliki hubungan dekat antara satu dengan lainnya. Bahkan raja-raja mereka mengaku memiliki leluhur yang sama.

Pendiri ke 5 kerajaan daerah pantai tersebut adalah 5 Putra Mau Wolang dari Majapahit dan mereka dibesarkan di Pandai. Yang tertua diantara mereka memerintah daerah tersebut. Mereka juga memiliki hubungan dagang, bahkan hubungan darah dengan aliansi serupa yang terbentang dari Solor sampai Lembata. Jalur perdagangan yang dibangun tidak hanya diantara mereka tetapi juga sampai ke Sulawesi, bahkan ada yang menyebutkan bahwa kepulauan kecil di Australia bagian utara adalah milik jalur perdagangan ini. Mungkin karena itulah, beberapa waktu lalu sejumlah pemuda dari Alor Pantar melakukan pelayaran ke pulau Pasir di Australia bagian utara. Laporan pertama orang-orang asing tentang Alor bertanggal 8 – 25 Januari 1522, Pigafetta, seorang penulis bersama awak armada Victoria sempat berlabuh di pantai Pureman, Kecamatan Alor Barat Daya. Ketika itu mereka dalam perjalanan pulang ke Eropa setelah berlayar keliling dunia dan setelah Magelhaen, pemimpin armada Victoria mati terbunuh di Philipina. Pigafetta juga menyebut Galiau dalam buku hariannya. Observasinya yang keliru adalah penduduk pulau Alor memiliki telinga lebar yang dapat dilipat untuk dijadikan bantal sewaktu tidur. Pigafetta jelas telah salah melihat payung tradisional orang Alor yang terbuat dari anyaman daun pandan. Payung ini dipakai untuk melindungi tubuh sewaktu hujan.

Dengan Perjanjian Lisabon pada tahun 1851, kepulauan Alor diserahkan kepada Belanda dan pulau Atauru diserahkan kepada Portugis. Orang-orang Portugis sendiri sebenarnya tidak pernah benar-benar menduduki Alor, walaupun masih ada sisa-sisa dari zaman Portugis seperti sebuah jangkar besar di Alor Kecil. Pada tahun 1911, Pemerintah colonial Belanda memindahkan pelabuhan laut utama dan pusat Pemerintahan Alor dari Alor Kecil ke Kalabahi. Kalabahi dipilih karena datarannya lebih luas dan lautnya lebih teduh. Kota Kalabahi artinya pohon kusambi, yang mana dulunya memang menghutani dataran ini. Dengan pemindahan pusat kekuasaan ke Kalabahi, Pemerintah colonial Belanda menempatkan Mr. Bouman sebagai Kontroler pertama di Alor. Sebelumnya tanda kehadiran colonial belanda di Alor, hanya terdiri dari seorang penjaga pos dan seorang serdadu berpangkat letnan.

Pada masa kontroler Bouman, beberapa pegawai pemerintah Belanda didatangkan. Upaya-upaya mengkristenkan para penganut animismepun mulai dilakukan. Baptisan pertama dilakukan pada tahun 1908 di pantai Dulolong, ketika seorang Pandeta berkebangsaan Jerman, D. S. William Bach tiba dengan sebuah kapal Belanda bernama Canokus, yang oleh orang Alor di zaman itu disebut dengan Kapal Putih. Diantara mereka yang dibaptis terdapat Lambertus Moata dan Umar Watang Nampira, seorang penganut Islam yang taat. Lambertus Moata kemudian menjadi Pendeta Pribumi Alor yang pertama, sedangkan Umar Watang Nampira barangkali bersedia dibaptis untuk menghormati para pengunjung pada saat itu. Gereja pertama yang dibangun adalah Gereja Kalabahi (sekarang Gereja Pola). Gereja ini dibangun pada tahun 1912. Kayu-kayunya didatangkan dari Kalimantan sedangkan pekerjanya adalah Pak Kamis dan Pak Jawas yang beragama Muslim. Oleh karena itu sampai saat ini masih merupakan sesuatu yang umum dilakukan di Alor bahwa pembangunan Gereja dilakukan oleh orang Muslim dan Mesjid dilakukan oleh orang Kristen. Pada masa ini Alor terdiri dari 5 kerajaan, yaitu Kui, Batulolong, Kolana, Baranusa dan Alor. Kerajaan Alor wilayahnya meliputi seluruh jasirah Kabola (bagian utara pulau Alor).

Pada tahun 1912 terjadi pengalihan kekuasaan raja dari dinasti Tulimau di Alor Besar kepada dinasti Nampira di Dulolong. Pemerintah colonial Belanda lebih cenderung memilih Nampira Bukang menjadi raja Alor sebab beliau berpendidikan dan fasih berbahasa belanda. Sebagai kompensasi, putra mahkota Tulimau ditunjuk sebagai kapitan Lembur. Pengalihan kekuasaan ini menyebabkan terjadinya beberapa pemberontakan namun dapat diredam dengan bantuan Belanda, sehingga sehingga secara tidak langsung pengalihan kekuasaan ini telah menjadi bibit salah satu lembaran hitam sejarah Alor dengan terbunuhnya Bala Nampira.

Pada 1915 s/d 1918, Bala Nampira menjadi raja menggantikan ayahnya dan Pada 1918, beliau mati terbunuh di Atengmelang. Penyebab terbunuhnya Raja ini masih diperdebatkan sampai saat ini dan kadang-kadang dapat membangkitkan amarah diantara sesame orang Alor.
Diyakini bahwa anggota-anggota Galiau Watang Lema menganggap pergantian raja sebagai sebuah pelanggaran yang amat berat dalam aliansi mereka oleh karena sekutu dan saudara mereka telah dipermalukan. Sementara itu, di Abui timbul rasa tidak puas dikalanga bangsawan oleh karena mereka diharuskan takluk kepada Pemerintahan Raja Nampira. Beberapa anggota Galiau Watang Lema yang tidak puas dengan pengalihan kekuasaan raja itu menjanjikan sebuah Moko yang bernilai tinggi kepada seorang wanita dari Manet bernama Malailehi apabila dapat membunuh Raja Nampira. Dengan cara ini mereka berniat mengembalikan takhta Bungan Bali ke Alor Besar.

Untuk memulihkan Hukum dan Pemerintahannya di Alor, maka Pemerintah Kolonial Belanda, melalui kontroler Mr. Muller menggunakan strategi yang ampuh, yaitu dengan mengawinkan Putra Nampira dengan Putri Bunga Bali dan berhasil dengan baik karena perdamaianpun tercipta pada saat itu. Pada tahun 1930 an, Pemerintah Kolonial Belanda mulai melakukan pembangunan wilayah. Para isteri pegawai Pemerintah dikirim ke Alor. Kerja sama dengan 5 kerajaan relative baik. Sepanjang jalan utama di tengah kota, rumah-rumah pegawai Pemerintah Kolonial dibangun. Beberapa diantaranya masih dipakai hingga kini. Jalan-jalan dibangun kesegala arah, bahkan saluran airpun dibangun, namun hanya untuk kebutuhan Rumah Sakit dan Pegawai Kolonial Belanda.

Setelah sempat dijajah Jepang dalam Perang Dunia II, kemerdekaan Indonesiapun diproklamirkan. Walau demikian di Alor masih terdapat orang asing. Pada tahun 1950-an dan 1960-an, sejumlah orang anti wajib militer dan misioneris dating ke Alor dan bekerja sebagai Pendeta, Perawat bahkan Dokter. Diantara mereka terdapat suami-isteri Dokter De Jong yang bekerja di Rumah Sakit Umum Kalabahi. Dalam bukunya “Brieven aan Alor” (Surat-surat ke Alor), Dokter De Jong menceritrakan tentang pengalamannya bekerja di Alor. Menurut ceritra orang Alor, ada salah satu Dokter dari Jerman, Dokter Kleven memberi nama Loni kepada Putrinya sesuai kata “Balalonikai” dalam sebuah lagu lego-lego yang terkenal yaitu “Lendolo”.

Sumber :
http://www.alorkab.go.id/


rssfeed
Email Twitter Facebook google YahooWebSzenario
 

Seputar NTT

Kejati NTT Tetapkan Pengelola Dana PDT Sebagai Tersangka

Kejati NTT Tetapkan Pengelola Dana PDT Sebagai Tersangka

Kupang, NTTOnline – Tim Penyidik tindak pidana khusus Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTT kembali menetapkan tersangka baru, Arya Permadi Tanata Kusuma... [More...]

Diduga Arus Pendek, Rumah Warga Kelapa Lima Hangus Terbakar

Diduga Arus Pendek, Rumah Warga Kelapa Lima Hangus Terbakar

Kupang, NTTOnline – Diduga karena arus pendek, Jumat (4/9) sekitar pukul 12.00 Wita, Nelci Nalle warga RT 04 RW 02 Kelurahan Kelapa Lima Kota... [More...]

PAD Lewat Labelink Miras Mendekati Target

PAD Lewat Labelink Miras Mendekati Target

Laporan Nyongki MauletiKupang, NTTOnline - Realisasi penerimaan pendapatan asli daerah, lewat Labelink minuman keras (Miras) dari golongan A,B, dan... [More...]

Plan Lanjutkan Kampanye Pemenuhan Hak Anak Perempuan Melalui Kampanye BIAAG Fase Kedua

Plan Lanjutkan Kampanye Pemenuhan Hak Anak Perempuan Melalui Kampanye...

Kupang, NTTOnline - Plan International akan meluncurkan kampanye Because I Am A Girl (BIAAG) tahap kedua, setelah sukses mempromosikan pemenuhan... [More...]

Masyarakart Keluhkan Perbaikan Jalan WJ.Lalamentik

Masyarakart Keluhkan Perbaikan Jalan WJ.Lalamentik

Laporan Nyongki MauletiKupang, NTTOnline - Akibat proyek pengerjaan penggalian dan pembuatan drainase jalan di Jalan W.J.Lalamentik, membuat ... [More...]

Antisipasi Bencana, Pemkot Gelar Rakor Koordinasi Lintas Dinas

Antisipasi Bencana, Pemkot Gelar Rakor Koordinasi Lintas Dinas

Laporan Nyongki MauletiKupang, NTTOnline - Mengantisipasi bahaya bencana yang tak diketahui kapan dan dimana akan terjadi, Pemkot Kupang menggelar... [More...]

Dua WNA Asal Timor Leste Ditemukan Tewas di Rudenim Atambua

Dua WNA Asal Timor Leste Ditemukan Tewas di Rudenim Atambua

Laporan Yansen BauAtambua, NTTOnline - Dua Warga negara asing (WNA) asal Timor Leste, ditemukan tewas dalam kamar Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim)... [More...]

Praperadilan Polres Sikka Gugur, Perkara Pokok Ditetapkan

Praperadilan Polres Sikka Gugur, Perkara Pokok Ditetapkan

Laporan Raymon TiwaApresiasi Kerja Jaksa Maumere Secepat Kilat Buat DakwaanMaumere, NTT Online - Ketika sidang praperadilan terhadap Polres Sikka... [More...]

Pembahasan KUA-PPAS 2016, Pekan Depan

Pembahasan KUA-PPAS 2016, Pekan Depan

Laporan Nyongki MauletiKupang, NTTOnline - Sidang DPRD Kota Kupang dengan Agenda Pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Plafon Prioritas Anggaran... [More...]

Dewan Dukung Polisi Usut Tuntas Kasus Bantuan Sapi Raifatus

Dewan Dukung Polisi Usut Tuntas Kasus Bantuan Sapi Raifatus

Laporan Yansen BauAtambua, NTTOnline - DPRD Kabupaten Belu mendukung langkah Kepolisian Polres Belu dalam mengusut tuntas dugaan kasus... [More...]

PNS Wajib Mendaftar Ulang Jika Tidak Mau Dianggap Undurkan Diri

PNS Wajib Mendaftar Ulang Jika Tidak Mau Dianggap Undurkan Diri

Laporan NYongki MauletiKupang, NTTOnline - Untuk menyukseskan kegiatan pemutakhiran data PNS yang dilakukan secara online, PNS di Kota Kupang wajib... [More...]

Kini Lapas Anak Telah diganti Jadi LPA

Kini Lapas Anak Telah diganti Jadi LPA

Laporan Nyongki MauletiKupang, NTTOnline - Dalam rangka memberikan perlindungan yang bagi Anak yang Berhadapan dengan Hukum, sesuai Undang-Undang... [More...]

Senator Andre Garu Sarankan Pola Penyerapan APBD Dirubah

Senator Andre Garu Sarankan Pola Penyerapan APBD Dirubah

Laporan Laurens Leba Tukan Kupang, NTTOnline - Pola penyerapan anggaran dalam pengelolaan APBD selama ini dinilai keliru dan lambat dari aspek... [More...]

RUPS Penentu PT Sasando di Likuidasi

RUPS Penentu PT Sasando di Likuidasi

Laporan Nyongki MauletiKupang, NTTOnline - Saran badan anggaran DPRD kepada pemerintah Kota Kupang agar PT Sasando segera ditutup, masih menunggu... [More...]

Camat Raihat Siap Menerima Putusan Pimpinan

Camat Raihat Siap Menerima Putusan Pimpinan

Laporan Yansen BauAtambua, NTTOnline - Camat Raihat Mikael K.Leon memenuhi undangan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Belu. Kehadiran... [More...]

Setiap Hari Sampah di Kota Kupang Capai 500 Meter Kubik

Setiap Hari Sampah di Kota Kupang Capai 500 Meter Kubik

Laporan Nyongki MauletiDinas Kebersihan  Benahi Pengelolaan TPA AlakKupang, NTTOnline - Pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Alak... [More...]

Ada Tujuh Sekolah yang Sudah Terbit Izin Kelembagaannya di Manggarai

Ada Tujuh Sekolah yang Sudah Terbit Izin Kelembagaannya di Manggarai

Laporan Marten DonRuteng, NTTOnline - Untuk Kabupaten Manggarai, sebanyak 7 sekolah baru yang sudah terbit Izin kelembangaannya tahun ini,... [More...]

Warga RT 03 Minta Pembangunan Tembok Pengaman Pantai Dilanjutkan

Warga RT 03 Minta Pembangunan Tembok Pengaman Pantai Dilanjutkan

Laporan Nyongki MauletiKupang, NTTOnline - Akibat terpaan gelombang pasang selama tiga hari. Sejak Sabtu (29/08/2015) yang melanda wilayah pesisir... [More...]

Menjadi Pemimpin, Sekolah Saja Tidak Cukup

Menjadi Pemimpin, Sekolah Saja Tidak Cukup

Laporan Marten DonRuteng, NTTOnline-Menjadi seorang pemimpin bukan suatu hal yang gampang. Sekolah saja tidak cukup, kata Bupati Manggarai,... [More...]

Masyarakat di Perbatasan Nanaet Belu Butuh Sentuhan Pembangunan

Masyarakat di Perbatasan Nanaet Belu Butuh Sentuhan Pembangunan

Laporan Yansen BauAtambua, NTTOnline - Masyarakat Kecamatan Nenaet Dubesi di Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste... [More...]

Kepsek SMA Muhamadyah Tidak Tandatangani Ijazah, Orangtua Demo di DPRD

Kepsek SMA Muhamadyah Tidak Tandatangani Ijazah, Orangtua Demo di DPRD

Laporan Nyongki MauletiKupang, NTTOnline - Forum yang menamai diri mereka Forum Orang Tua Siswa SMA Muhammadiyah Kupang, hari ini melakukan... [More...]

Saksi Kunci Anak Di Bawah umur

Saksi Kunci Anak Di Bawah umur

Laporan Raymon Tiwa Vian dan Dino : Kami Takut Dosa Jika Bohong, Bapak Hakim Kami omong BenarMaumere, NTT Online - Bapak Hakim : Apakah Kamu... [More...]

AJI Kupang dan AJTL Timor Leste Tandatangani Nota Kesepahaman Pembentukan KJT

AJI Kupang dan AJTL Timor Leste Tandatangani Nota Kesepahaman Pembentukan...

Kupang, NTTOnline – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kupang dan Asosiasi Jurnalis Timor Lorosa’e (AJTL) menandatangani Nota Kesepahaman... [More...]

Dominggus Minggu Direktur RSUD WZ Johanes Kupang

Dominggus Minggu Direktur RSUD WZ Johanes Kupang

Kupang, NTTOnline - Gubernur NTT, Drs.Frans Lebu Raya melantik Direktur RSUD Prof.Dr.W.Z.Johannes Kupang dan Kepala Biro Ekonomi Sekretariat Daerah... [More...]

Penjelasan PLN Wilayah NTT Tentang Kondisi Sistem Kupang

Penjelasan PLN Wilayah NTT Tentang Kondisi Sistem Kupang

Kupang, NTTOnline - PLN Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) berempati terhadap ketidaknyamanan yang dirasakan masyarakat Kota Kupang saat ini. Karena... [More...]

Pertama di Indonesia, Tablet 3D Tanpa Kacamata

Pertama di Indonesia, Tablet 3D Tanpa Kacamata

Jakarta - Perkembangan tablet PC sudah merambah ke arah tiga dimensi (3D). Hal inilah yang tengah digalakkan Wearnes, yang mengusung tablet 3D... [More...]

Samsung Resmi Rilis Galaxy S III

Samsung Resmi Rilis Galaxy S III

Smartphone Galaxy S III yang telah lama ditunggu publik akhirnya diluncurkan secara resmi oleh Samsung pada Kamis (3/5/2012). ... [More...]

Apple iPhone 4S

Apple iPhone 4S

Desain  Tampilan antara iPhone 4S dan iPhone bisa dibilang serupa. Desain iPhone 4S tampak mengkotak namun membentuk lengkungan di keempat... [More...]

Nexian NX-A7500 New Genius

Nexian NX-A7500 New Genius

  Desain Dari sisi desain, terdapat perbedaan antara tablet yang lama dan versi baru ini. Di generasi pertama, pada bagian depan memiliki... [More...]

Beyond B880

Beyond B880

Desain Seperti handphone-handphome merek lokal yang meniru desain smartphone merek papan atas lainnya, Beyond B880 pun tidak tanggung-tanggung... [More...]

Sony Xperia S

Sony Xperia S

  Desain Bodi Sony Xperia S cukup tebal. Smartphone ini memiliki dimensi 128 x 64 x 10,6mm dan bobot sedang yaitu sekitar 144 gram. Namun... [More...]

Ekonomi Bisnis

Penawaran Istimewa Untuk Pelanggan Setia Ace & Informa Di Hari Pelanggan Nasional

Penawaran Istimewa Untuk Pelanggan...

Jakarta, NTTOnline - September 2015,ACE & INFORMA kembali memberikan apresiasi kepada para pelanggan setianya dengan berbagai penawaran menarik,... [More...]

Layanan Baru Situs eCommerce dari RS Components Memberikan Kemudahan bagi Insinyur Indonesia

Layanan Baru Situs eCommerce dari RS...

Jakarta, NTTOnline - 26 Agustus, 2015 - RS Components (RS) adalah merek dagang dari Electrocomponents plc (LSE:ECM), distributor global peralatan... [More...]

AirAsia Rayakan Pencapaian 300 Juta Penumpang

AirAsia Rayakan Pencapaian 300 Juta...

Pencapaian diarayakan dengan tiga juta kursi hemat mulai Rp 300.000,Jakarta, NTTOnline - 10 Agustus 2015 – AirAsia, maskapai penerbangan berbiaya... [More...]

Terburuk sejak krisis 1998, semoga Rupiah tak makin ambruk

Terburuk sejak krisis 1998, semoga...

Jakarta, NTTOnline - Kondisi nilai tukar Rupiah semakin memprihatinkan. Kemarin, Rupiah ambruk ke level Rp 13.600 per USD atau terendah sejak krisis... [More...]

Ekonomi Lesu, OJK Keluarkan 35 Paket Kebijakan di Sektor Keuangan

Ekonomi Lesu, OJK Keluarkan 35 Paket...

Jakarta, NTTOnline - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengelurkan kebijakan yang bertujuan untuk menciptakan stimulus bagi pertumbuhan perekonomian... [More...]

Jelang Lebaran, Pedagang Parcel Musiman Raup Rp 500 Juta/Minggu

Jelang Lebaran, Pedagang Parcel Musiman...

Jakarta, NTTOnline - Menjelang lebaran, pedagang parcel musiman bermunculan, salah satunya di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, para pedagang ini... [More...]

Turkish Airlines Gelar World Golf Cup di Jakarta

Turkish Airlines Gelar World Golf Cup...

Jakarta, NTTOnline - 29 Mei 2015 – Rangkaian Turkish Airlines World Golf Cup 2015, sebagai salah satu turnamen golf amatir terbesar kembali di... [More...]

Pantau Kinerja Jasa Keuangan, OJK Buka layanan Pengaduan Bagi Masyarakat

Pantau Kinerja Jasa Keuangan, OJK Buka...

Laporan Nyongki MauletiKupang, NTTOnline - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dibentuk dengan tujuan agar keseluruhan kegiatan didalam sektor jasa... [More...]


Nasional & Dunia

AJI Dorong Publik Lebih Cerdas Memilih Media

AJI Dorong Publik Lebih Cerdas Memilih Media

Jakarta, NTTOnline - Jumlah media di Indonesia saat ini, menurut taksiran Dewan Pers sampai 2014, sekitar 2.338. Sebanyak 567 merupakan media cetak,... [More...]

AJI Jakarta Kecam Penggeruduk Kantor Detik.com

AJI Jakarta Kecam Penggeruduk Kantor Detik.com

Jakarta, NTTOnline - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta mengecam keras aksi sekelompok massa yang menggeruduk kantor redaksi Detik.com di... [More...]

AJI Kecam Pemerintah Jokowi yang Batasi Akses Jurnalis Asing

AJI Kecam Pemerintah Jokowi yang Batasi Akses Jurnalis Asing

Jakarta, NTTOnline - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mengecam munculnya Surat Edaran Menteri Dalam Negeri nomor 482.3/4439/SJ tentang penyesuaian... [More...]

Ahok Tantang Diskusi, JJ Rizal: Saya Tunggu Tanggal dan Tempatnya

Ahok Tantang Diskusi, JJ Rizal: Saya Tunggu Tanggal dan Tempatnya

Jakarta, NTTOnline - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama terang-terangan menantang sejarawan JJ Rizal untuk berdiskusi. Hal itu dilontarkan... [More...]

MPR: Ada Undang-undang Tak Sesuai Pancasila

MPR: Ada Undang-undang Tak Sesuai Pancasila

Jakarta, NTTOnline - Ketua Badan Pengkajian Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Sadono menyatakan banyak menemukan undang-undang yang... [More...]

AJI Desak Pemerintah Segera Bebaskan Dua Jurnalis Inggris

AJI Desak Pemerintah Segera Bebaskan Dua Jurnalis Inggris

Jakarta, NTTOnline - Dua jurnalis Inggris, Neil Richard George Bonner dan Rebecca Bernadette Margaret Prosser ditangkap tim Reaksi Cepat TNI... [More...]

Basarnas: Sudah 54 Jenazah Korban Trigana Air Ditemukan

Basarnas: Sudah 54 Jenazah Korban Trigana Air Ditemukan

Jakarta, NTTOnline — Hingga Selasa (18/8/2015) siang, tim Badan SAR Nasional atau Basarnas telah menemukan 54 jenazah di lokasi jatuhnya pesawat... [More...]

Olahraga

Zidane Nilai Di Maria Bakal Bantu PSG Naik Level di Liga Champions

Zidane Nilai Di Maria Bakal Bantu PSG...

Paris, NTTOnline - Meski dominan di Liga Prancis, Paris Saint-Germain masih belum terlalu mampu menancapkan kuku di Liga Champions. Namun hal itu... [More...]

Lisicki Tumbangkan Ivanovic Getty Images Sport/Al Bello

Lisicki Tumbangkan Ivanovic Getty...

Key Biscane - Petenis Jerman, Sabine Lisicki, tampil impresif dengan menumbangkan petenis Serbia, Ana Ivanovic, di babak ketiga Miami Open dalam... [More...]

Liverpool Atasi Spurs 3-2, Balotelli Cetak Gol Penentu

Liverpool Atasi Spurs 3-2, Balotelli...

Liverpool, NTTOnline - Duel sengit hadir ketika Liverpool menjamu Tottenham Hotspur. Lima gol hadir, dengan hasil akhir 3-2 untuk kemenangan The Reds... [More...]

Maradona Kepergok Mesum Gunakan 'Tangan Tuhan'

Maradona Kepergok Mesum Gunakan 'Tangan...

NTTOnline - Legenda hidup Argentina, Diego Maradona, kembali menjadi bahan pemberitaan. Kali ini ia tertangkap kamera sedang berpose mesum dengan... [More...]

Ronaldo pada Di Maria: Nomor 7 Berarti Tanggung Jawab Besar

Ronaldo pada Di Maria: Nomor 7 Berarti...

Monte Carlo, NTTOnline - Cristiano Ronaldo mengatakan kepada Angel Di Maria bahwa kostum nomor tujuh di Manchester United memiliki tanggung jawab... [More...]


Cerita Sejarah Seputar NTT

Sejarah Sabu Raijua

Sejarah Sabu Raijua

Pulau Sabu juga dikenal dengan sebutan Sawu atau Savu. Penduduk di pulau ini sendiri menyebut pulau mereka dengan sebutan Rai Hawu yang artinya... [More...]

Pendaratan VOC di Pulau Sabu

Pendaratan VOC di Pulau Sabu

Seperti kebanyakan pulau di daerah sekitarnya, Pulau Sabu mungkin telah dihuni semenjak jaman Neolitic. Penelitian arkeologis menunjukkan bahwa goa... [More...]

Sekilas Kerajaan Amanatun

Sekilas Kerajaan Amanatun

Kerajaan Amanatun (Onam) terletak di pulau Timor bagian barat, wilayah Indonesia dan merupakan kerajaan tua. Di era kemerdekaan kerajaan Amanatun... [More...]

Pertempuran hebat demi Timor (Battle of Timor)

Pertempuran hebat demi Timor (Battle of...

  Sampai pada akhir-1941, Pulau Timor dibagi secara politis antara dua kekuatan kolonial: Portugis di bagian timur dengan ibu kota di Dili, dan... [More...]

Dunia Selebriti

Empat bintang porno Indonesia kondang di luar negeri

Empat bintang porno Indonesia kondang di luar negeri

Jakarta, NTTOnline - Dunia industri pornografi memang tidak pernah ada matinya. Bintang-bintang film biru pun terus bermunculan. Industri film panas... [More...]

7 Seleb Indonesia yang gambar bugilnya pernah 'kecolongan'

7 Seleb Indonesia yang gambar bugilnya pernah 'kecolongan'

NTTOnline - Jejaring sosial memang sangat mempengaruhi perkembangan di masyarakat. Trend yang beredar di masyarakat bisa bermula dari jejaring... [More...]

Daftar Lengkap Peraih Piala Oscar 2015

Daftar Lengkap Peraih Piala Oscar 2015

Jakarta, NTTOnline - The Academy Awards ke-87 telah selesai dihelat. Acara yang digelar di Dolby Theater, Minggu, 22 Februari 2015 malam waktu... [More...]

Aktor senior Alex Komang meninggal dunia

Aktor senior Alex Komang meninggal dunia

Jakarta, NTTOnline - Aktor senior Alex Komang meninggal dunia malam ini. Alex diketahui mengidap kanker hati yang kronis. Alex sempat dirawat di RS... [More...]


Lifestyle

Begini Cara Soda Merusak Tubuh dalam 65 Menit
article thumbnail Suka minum soda? Segar ya diminum saat cuaca panas, rasanya segar dan menghilangkan dahaga dalam seketika. eitss jangan tenang tenang dulu. dibalik kesegarannya ternyata ada fakta mengerikan yang...

Sains & Teknologi

Otomotif

Referensi Film

10 Film Box Office Pekan Ini

10 Film Box Office Pekan Ini

Jakarta, NTTOnline - Siapa sangka film The SpongeBob Film: Sponge Out of Water mampu melesat ke puncak box office Amerika Serikat dan Kanada, pekan... [More...]

Atambua 39' Celsius: Menguak Kisah Perbatasan

Atambua 39' Celsius: Menguak Kisah Perbatasan

Jakarta - Riri Riza dan Mira Lesmana kembali berkolaborasi menciptakan sebuah karya film inspiratif. Dengan bujet yang terbilang kecil... [More...]

What to Expect When You're Expecting

What to Expect When You're Expecting

Film bioskop terbaru berjudul What to Expect When You're Expecting. BErkisah tentang DIlema para wanita untuk menjadi seorang ibu. Film ini... [More...]

Brave: FIlm Animasi Yang Penuh Kisah Inspiratif

Brave: FIlm Animasi Yang Penuh Kisah Inspiratif

Film animasi terbaru berjudul Brave. Bercerita tentang seorang putri bernama Merida yang dak mengira akan keputusannya yang mengubah takdir, malah... [More...]

Khasiat Tanaman Obat

Tanaman Ini Mampu Bunuh 98% Sel Kanker Hanya dalam 16 Jam

Tanaman Ini Mampu Bunuh 98% Sel Kanker...

NTTOnline - Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Life Science, tanaman ini telah digunakan dalam pengobatan China dan mampu membunuh 98 persen... [More...]

Brokoli pengusir kanker perut

Brokoli pengusir kanker perut

Banyak polusi dan banyak stress merupakan andil terbesar dalam kesehatan kita. Tidak sedikit penyakit datang karena kedua faktor itu, apalagi yang... [More...]

Obat Flu atau Pilek Tradisional herbal

Obat Flu atau Pilek Tradisional herbal

Flu atau biasa dikenal dengan penyakit pilek, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Sakit flu / pilek biasa terjadi jika udara... [More...]

Obat untuk Asam Urat dan rematik

Obat untuk Asam Urat dan rematik

Pernah merasakan rasa nyeriataupun rasa sakit di bagian kaki anda? Ya, Asam urat dan rematik adalah jenis penyakit yang sering dirasakan oleh mereka... [More...]

Ramuan Tradisional Untuk Menyembuhkan Ambeien atau Hemorrhoid

Ramuan Tradisional Untuk Menyembuhkan...

Penyakit Hemorrhoid atau ambeien adalah suatu keadaan dimana terjadi pembengkakan pada lubang anus yang mengandung arteri kecil, vena, dan jaringan... [More...]