Sejarah Alor

E-mail Print PDF

Menurut ceritra yang beredar di masyarakat Alor, kerajaan tertua di Kabupaten Alor adalah kerajaan Abui di pedalaman pegunungan Alor dan kerajaan Munaseli di ujung timur pulau Pantar. Suatu ketika, kedua kerajaan ini terlibat dalam sebuah Perang Magic. Mereka menggunakan kekuatan-kekuatan gaib untuk saling menghancurkan. Munaseli mengirim lebah ke Abui sebaliknya Abui mengirim angin topan dan api ke Munaseli. Perang ini akhirnya dimenangkan oleh Munaseli.

Konon, tengkorak raja Abui yang memimpin perang tersebut saat ini masih tersimpan dalam sebuah goa di Mataru. Kerajaan berikutnya yang didirikan adalah kerajaan Pandai yang terletak dekat kerajaan Munaseli dan Kerajaan Bunga Bali yang berpusat di Alor Besar. Munaseli dan Pandai yang bertetangga, akhirnya juga terlibat dalam sebuah perang yang menyebabkan Munaseli meminta bantuan kepada raja kerajaan Majapahit, mengingat sebelumnya telah kalah perang melawan Abui.

Sekitar awal tahun 1300-an, satu detasmen tentara bantuan kerajaan Majapahit tiba di Munaseli tetapi yang mereka temukan hanyalah puing-puing kerajaan Munaseli sedangkan penduduknya telah melarikan diri ke berbagai tempat di Alor dan sekitarnya. Para tentara Majapahit ini akhirnya banyak yang memutuskan untuk menetap di Munaseli, sehingga tidak heran jika saat ini banyak orang Munaseli yang bertampang Jawa. Peristiwa pengiriman tentara Majapahit ke Munaseli inilah yang melatarbelakangi disebutnya Galiau (Pantar) dalam buku Negarakartagama karya Empu Prapanca yang ditulisnya pada masa jaya kejayaan Majapahit (1367). Buku yang sama juga menyebut Galiau Watang Lema atau daerah-daerah pesisir pantai kepulauan. Galiau yang terdiri dari 5 kerajaan, yaitu Kui dan Bunga Bali di Alor serta Blagar, Pandai dan Baranua di Pantar. Aliansi 5 kerajaan di pesisir pantai ini diyakini memiliki hubungan dekat antara satu dengan lainnya. Bahkan raja-raja mereka mengaku memiliki leluhur yang sama.

Pendiri ke 5 kerajaan daerah pantai tersebut adalah 5 Putra Mau Wolang dari Majapahit dan mereka dibesarkan di Pandai. Yang tertua diantara mereka memerintah daerah tersebut. Mereka juga memiliki hubungan dagang, bahkan hubungan darah dengan aliansi serupa yang terbentang dari Solor sampai Lembata. Jalur perdagangan yang dibangun tidak hanya diantara mereka tetapi juga sampai ke Sulawesi, bahkan ada yang menyebutkan bahwa kepulauan kecil di Australia bagian utara adalah milik jalur perdagangan ini. Mungkin karena itulah, beberapa waktu lalu sejumlah pemuda dari Alor Pantar melakukan pelayaran ke pulau Pasir di Australia bagian utara. Laporan pertama orang-orang asing tentang Alor bertanggal 8 – 25 Januari 1522, Pigafetta, seorang penulis bersama awak armada Victoria sempat berlabuh di pantai Pureman, Kecamatan Alor Barat Daya. Ketika itu mereka dalam perjalanan pulang ke Eropa setelah berlayar keliling dunia dan setelah Magelhaen, pemimpin armada Victoria mati terbunuh di Philipina. Pigafetta juga menyebut Galiau dalam buku hariannya. Observasinya yang keliru adalah penduduk pulau Alor memiliki telinga lebar yang dapat dilipat untuk dijadikan bantal sewaktu tidur. Pigafetta jelas telah salah melihat payung tradisional orang Alor yang terbuat dari anyaman daun pandan. Payung ini dipakai untuk melindungi tubuh sewaktu hujan.

Dengan Perjanjian Lisabon pada tahun 1851, kepulauan Alor diserahkan kepada Belanda dan pulau Atauru diserahkan kepada Portugis. Orang-orang Portugis sendiri sebenarnya tidak pernah benar-benar menduduki Alor, walaupun masih ada sisa-sisa dari zaman Portugis seperti sebuah jangkar besar di Alor Kecil. Pada tahun 1911, Pemerintah colonial Belanda memindahkan pelabuhan laut utama dan pusat Pemerintahan Alor dari Alor Kecil ke Kalabahi. Kalabahi dipilih karena datarannya lebih luas dan lautnya lebih teduh. Kota Kalabahi artinya pohon kusambi, yang mana dulunya memang menghutani dataran ini. Dengan pemindahan pusat kekuasaan ke Kalabahi, Pemerintah colonial Belanda menempatkan Mr. Bouman sebagai Kontroler pertama di Alor. Sebelumnya tanda kehadiran colonial belanda di Alor, hanya terdiri dari seorang penjaga pos dan seorang serdadu berpangkat letnan.

Pada masa kontroler Bouman, beberapa pegawai pemerintah Belanda didatangkan. Upaya-upaya mengkristenkan para penganut animismepun mulai dilakukan. Baptisan pertama dilakukan pada tahun 1908 di pantai Dulolong, ketika seorang Pandeta berkebangsaan Jerman, D. S. William Bach tiba dengan sebuah kapal Belanda bernama Canokus, yang oleh orang Alor di zaman itu disebut dengan Kapal Putih. Diantara mereka yang dibaptis terdapat Lambertus Moata dan Umar Watang Nampira, seorang penganut Islam yang taat. Lambertus Moata kemudian menjadi Pendeta Pribumi Alor yang pertama, sedangkan Umar Watang Nampira barangkali bersedia dibaptis untuk menghormati para pengunjung pada saat itu. Gereja pertama yang dibangun adalah Gereja Kalabahi (sekarang Gereja Pola). Gereja ini dibangun pada tahun 1912. Kayu-kayunya didatangkan dari Kalimantan sedangkan pekerjanya adalah Pak Kamis dan Pak Jawas yang beragama Muslim. Oleh karena itu sampai saat ini masih merupakan sesuatu yang umum dilakukan di Alor bahwa pembangunan Gereja dilakukan oleh orang Muslim dan Mesjid dilakukan oleh orang Kristen. Pada masa ini Alor terdiri dari 5 kerajaan, yaitu Kui, Batulolong, Kolana, Baranusa dan Alor. Kerajaan Alor wilayahnya meliputi seluruh jasirah Kabola (bagian utara pulau Alor).

Pada tahun 1912 terjadi pengalihan kekuasaan raja dari dinasti Tulimau di Alor Besar kepada dinasti Nampira di Dulolong. Pemerintah colonial Belanda lebih cenderung memilih Nampira Bukang menjadi raja Alor sebab beliau berpendidikan dan fasih berbahasa belanda. Sebagai kompensasi, putra mahkota Tulimau ditunjuk sebagai kapitan Lembur. Pengalihan kekuasaan ini menyebabkan terjadinya beberapa pemberontakan namun dapat diredam dengan bantuan Belanda, sehingga sehingga secara tidak langsung pengalihan kekuasaan ini telah menjadi bibit salah satu lembaran hitam sejarah Alor dengan terbunuhnya Bala Nampira.

Pada 1915 s/d 1918, Bala Nampira menjadi raja menggantikan ayahnya dan Pada 1918, beliau mati terbunuh di Atengmelang. Penyebab terbunuhnya Raja ini masih diperdebatkan sampai saat ini dan kadang-kadang dapat membangkitkan amarah diantara sesame orang Alor.
Diyakini bahwa anggota-anggota Galiau Watang Lema menganggap pergantian raja sebagai sebuah pelanggaran yang amat berat dalam aliansi mereka oleh karena sekutu dan saudara mereka telah dipermalukan. Sementara itu, di Abui timbul rasa tidak puas dikalanga bangsawan oleh karena mereka diharuskan takluk kepada Pemerintahan Raja Nampira. Beberapa anggota Galiau Watang Lema yang tidak puas dengan pengalihan kekuasaan raja itu menjanjikan sebuah Moko yang bernilai tinggi kepada seorang wanita dari Manet bernama Malailehi apabila dapat membunuh Raja Nampira. Dengan cara ini mereka berniat mengembalikan takhta Bungan Bali ke Alor Besar.

Untuk memulihkan Hukum dan Pemerintahannya di Alor, maka Pemerintah Kolonial Belanda, melalui kontroler Mr. Muller menggunakan strategi yang ampuh, yaitu dengan mengawinkan Putra Nampira dengan Putri Bunga Bali dan berhasil dengan baik karena perdamaianpun tercipta pada saat itu. Pada tahun 1930 an, Pemerintah Kolonial Belanda mulai melakukan pembangunan wilayah. Para isteri pegawai Pemerintah dikirim ke Alor. Kerja sama dengan 5 kerajaan relative baik. Sepanjang jalan utama di tengah kota, rumah-rumah pegawai Pemerintah Kolonial dibangun. Beberapa diantaranya masih dipakai hingga kini. Jalan-jalan dibangun kesegala arah, bahkan saluran airpun dibangun, namun hanya untuk kebutuhan Rumah Sakit dan Pegawai Kolonial Belanda.

Setelah sempat dijajah Jepang dalam Perang Dunia II, kemerdekaan Indonesiapun diproklamirkan. Walau demikian di Alor masih terdapat orang asing. Pada tahun 1950-an dan 1960-an, sejumlah orang anti wajib militer dan misioneris dating ke Alor dan bekerja sebagai Pendeta, Perawat bahkan Dokter. Diantara mereka terdapat suami-isteri Dokter De Jong yang bekerja di Rumah Sakit Umum Kalabahi. Dalam bukunya “Brieven aan Alor” (Surat-surat ke Alor), Dokter De Jong menceritrakan tentang pengalamannya bekerja di Alor. Menurut ceritra orang Alor, ada salah satu Dokter dari Jerman, Dokter Kleven memberi nama Loni kepada Putrinya sesuai kata “Balalonikai” dalam sebuah lagu lego-lego yang terkenal yaitu “Lendolo”.

Sumber :
http://www.alorkab.go.id/


rssfeed
Email Twitter Facebook google YahooWebSzenario
 

Seputar NTT

Vincent Nifu Juara Lomba Tulisan Yang diselenggarakan PJCK

Vincent Nifu Juara Lomba Tulisan Yang diselenggarakan PJCK

Laporan Yongki MauletiJakarta, NTTOnline - Vincent Nifu wartawan salah satu tabloid di Kupang, tampil sebagi juara dalam lomba tulisan dengan... [More...]

Ribuan Warga Ikut Olahraga Tradisional Kupang

Ribuan Warga Ikut Olahraga Tradisional Kupang

Laporan Yongki MauletiKupang, NTTOnline - Ribuan warga di delapan kecamatan dari Kota Kupang dan Kabupaten Kupang, Sabtu (22/11) pagi tumpah ruah di... [More...]

BCI Akan Bangun Pabrik Semen,Air Bersih dan PLTS di Kupang

BCI Akan Bangun Pabrik Semen,Air Bersih dan PLTS di Kupang

Kupang, NTTOnline - Sejumlah investor yang tergabung dalam konsorsium Brisbane Capital Investment (BCI) dipimpin M. Rusydi,Ph.D, Direktur BCI, yang... [More...]

11.009 RTS di Belu Mendapat Bantuan PSKS

11.009 RTS di Belu Mendapat Bantuan PSKS

Laporan Yansen BauAtambua, NTTOnline - Sebanyak 11.009 Rumah Tangga Sasaran (RTS) di 72 Desa/Kelurahan di wilayah Kabupaten Belu, Timor Barat... [More...]

Anggota Brimob Polda NTT  Divonis Tujuh Tahun Penjara

Anggota Brimob Polda NTT Divonis Tujuh Tahun Penjara

Kupang, NTTOnline - Fransiskus Roy Sukardi anggota Brigade Mobil (Brimob) Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) terdakwa dalam kasus asusila terhadap... [More...]

Pemkot Terus Berupaya Agar Bendungan Kolhua Jadi Dibangun

Pemkot Terus Berupaya Agar Bendungan Kolhua Jadi Dibangun

Laporan Yongki MauletiKupang, NTTOnline - Wali Kota Kupang Jonas Salean mengatakan,reaksi penolakan dari sebagian warga Kolhua atas rencana... [More...]

Kepsek Berkualitas Dirotasi Untuk Membenahi Sekolah Lain

Kepsek Berkualitas Dirotasi Untuk Membenahi Sekolah Lain

Laporan Yongki MauletiKupang, NTTOnline - Pemerintah Kota Kupang berjanji  membenah kualitas pendidikan di sejumlah sekolah yang ada di pinggir... [More...]

Bank NTT Masuk Kategori 52 Bank Terbaik di Indonesia

Bank NTT Masuk Kategori 52 Bank Terbaik di Indonesia

PT Bank Pembangunan Daerah NTT dengan Azet Kurang Dari RP 10 T, masuk peringkat dua dari 52 Bank Terbaik di IndonesiaJakarta,NTT Online - Memasuki... [More...]

Tim Intel TNI dan Pamtas Yonif 742 Amankan Barang Ilegal

Tim Intel TNI dan Pamtas Yonif 742 Amankan Barang Ilegal

Laporan Yansen BauAtambua, NTTOnline  - Tim intel gabungan dari Kodam, Korem, Kodim dan intel Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWY berhasil... [More...]

Polri dan TNI Apel Bersama di Perbatasan RI-RDTL

Polri dan TNI Apel Bersama di Perbatasan RI-RDTL

Laporan Yansen BauAtambua, NTTOnline - Polisi Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah satu, berasal rakyat. Karena... [More...]

Pemkot Janji Pacu Kinerja Jajarannya

Pemkot Janji Pacu Kinerja Jajarannya

Laporan Yongki MauletiKupang, NTTOnline - Setelah penetapan perubahan APBD Kota Kupang tahun 2014, Wali Kota Kupang, Jonas Salean berjanji akan... [More...]

Maraknya Isu Radikal, Tokoh Etnis Diminta Berperan

Maraknya Isu Radikal, Tokoh Etnis Diminta Berperan

Laporan Yongki MauletiKupang, NTTOnline -  Dalam rangka Meningkatkan kewaspadaan masyarakat menghadapi isu-isu radikal yang semakin marak di... [More...]

Kelompok Tani Tohe Leten Dapat Bantuan Bibit Jagung Fufuk

Kelompok Tani Tohe Leten Dapat Bantuan Bibit Jagung Fufuk

Laporan Yansen BauAtambua, NTTOnline - Warga tiga kelompok tani di wilayah desa Tohe Leten, kecamatan Raihat, Kabupaten Belu, Timor Barat mendapat... [More...]

Dugaan Korupsi DAK Dinas PPO 47,5 M, Bupati TTU diperiksa

Dugaan Korupsi DAK Dinas PPO 47,5 M, Bupati TTU diperiksa

Laporan Judith Lorenzo TaolinKefamenanu, NTTOnline - Pemeriksaan Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes sebagai saksi dalam kasus korupsi DAK di Dinas... [More...]

Gubernur Serahkan Bantuan Kendaraan Kepada 13 BPBD

Gubernur Serahkan Bantuan Kendaraan Kepada 13 BPBD

Kupang, NTTOnline - Rabu (19/11) - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Drs. Frans Lebu Raya,menyerahkan bantuan Kendaraan Penangggulangan Bencana... [More...]

Dukung Car Free Day, FORMI Gelar Olah Raga Rakyat

Dukung Car Free Day, FORMI Gelar Olah Raga Rakyat

Laporan Yongki MauletiKupang, NTTOnline - Dalam rangka mendukung Car Free Day, atau Hari Bebas berkendaraan yang telah diberlakukan Pemerintah Kota... [More...]

Keberangkatan Walikota Kupang Ke Roma Italia Ditunda

Keberangkatan Walikota Kupang Ke Roma Italia Ditunda

Laporan Yongki MauletiKupang, NTTOnline - Rencana keberangkatan Wali Kota Kupang Jonas Salean dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Thomas Jansen... [More...]

Akhir November, Malaka Sudah Miliki DPRD

Akhir November, Malaka Sudah Miliki DPRD

Laporan Yansen BauAtambua, NTTOnline - Kabupaten Malaka dimekarkan dua tahun lalu dan akan segera mempunyai DPRD sebelum akhir bulan November.... [More...]


Ekonomi Bisnis

Prudential Memberdayakan 19.000 Perempuan di 19 Kota, Cara Mengelola Uang

Prudential Memberdayakan 19.000...

Jakarta, NTTOnline - 19 November 2014, Sejak tahun 2009, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) selalu berupaya mendukung dan... [More...]

OJK Keluarkan 20 Kebijakan Mengenai Perbankan dan Pasar Modal

OJK Keluarkan 20 Kebijakan Mengenai...

Jakarta, NTTOnline - 19 November 2014, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan 20 (dua puluh) kebijakan yang terdiri dari 6 (enam) POJK dibidang... [More...]

Penerapan Governance di Indonesia perlu Terus Diperbaiki

Penerapan Governance di Indonesia perlu...

Risk and governance summit 2014Jakarta, NTTOnline - 17 November 2014, Belajar dari pengalaman yang dapat diambil dari beberapa krisis keuangan... [More...]

Reuters: Jokowi Naikkan 50 Persen Harga BBM Subsidi per 1 November

Reuters: Jokowi Naikkan 50 Persen Harga...

Jakarta, NTTOnline - Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) berencana menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) dan solar bersubsidi sekitar 50... [More...]

Wujudkan Generasi Emas Indonesia, Telkom Gelar Program CSR

Wujudkan Generasi Emas Indonesia,...

“IndiLearning Bagimu Guru Kupersembahkan”Jakarta, NTTOnline - 17 September 2014 – PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) berkomitmen untuk... [More...]

Rumah Sitaan Bank, Alternatif Rumah Bekas Harga Miring

Rumah Sitaan Bank, Alternatif Rumah...

Jakarta, NTTOnline - Membeli rumah tak selalu mengenai rumah baru atau rumah bekas dengan skema kredit maupun pembayaran tunai. Masyarakat pun bisa... [More...]

Pertama di Indonesia, Tablet 3D Tanpa Kacamata

Pertama di Indonesia, Tablet 3D Tanpa Kacamata

Jakarta - Perkembangan tablet PC sudah merambah ke arah tiga dimensi (3D). Hal inilah yang tengah digalakkan Wearnes, yang mengusung tablet 3D... [More...]

Samsung Resmi Rilis Galaxy S III

Samsung Resmi Rilis Galaxy S III

Smartphone Galaxy S III yang telah lama ditunggu publik akhirnya diluncurkan secara resmi oleh Samsung pada Kamis (3/5/2012). ... [More...]

Apple iPhone 4S

Apple iPhone 4S

Desain  Tampilan antara iPhone 4S dan iPhone bisa dibilang serupa. Desain iPhone 4S tampak mengkotak namun membentuk lengkungan di keempat... [More...]

Nexian NX-A7500 New Genius

Nexian NX-A7500 New Genius

  Desain Dari sisi desain, terdapat perbedaan antara tablet yang lama dan versi baru ini. Di generasi pertama, pada bagian depan memiliki... [More...]

Beyond B880

Beyond B880

Desain Seperti handphone-handphome merek lokal yang meniru desain smartphone merek papan atas lainnya, Beyond B880 pun tidak tanggung-tanggung... [More...]

Sony Xperia S

Sony Xperia S

  Desain Bodi Sony Xperia S cukup tebal. Smartphone ini memiliki dimensi 128 x 64 x 10,6mm dan bobot sedang yaitu sekitar 144 gram. Namun... [More...]



Nasional & Dunia

Empat Hal yang Memicu Popularitas Jokowi Turun

Empat Hal yang Memicu Popularitas Jokowi Turun

Jakarta, NTTOnline - Lembaga Survei Indonesia (LSI) menilai terdapat empat hal yang menjadi dasar turunnya popularitas Presiden Joko Widodo di mata... [More...]

Paska Bentrok Batam, Seskab: Petinggi TNI dan Polri Akan Diganti

Paska Bentrok Batam, Seskab: Petinggi TNI dan Polri Akan Diganti

Jakarta, NTTOnline - Presiden Joko Widodo akan menjadikan peristiwa bentrok antara personel Tentara Nasional Indonesia dan Polri di Batam untuk... [More...]

IPW Kritik Brimob Gunakan Seragam Loreng

IPW Kritik Brimob Gunakan Seragam Loreng

Jakarta, NTTOnline - Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane mengecam keras penggunaan seragam loreng bagi jajaran Brimob. Penggunaan... [More...]

AJI: Soal Makassar, Maaf Kapolri tidak cukup

AJI: Soal Makassar, Maaf Kapolri tidak cukup

Jakarta, NTTOnline - Permintaan maaf Kepala Kepolisian RI Jenderal Sutarman atas kasus penyerangan dan penganiayaan kepada jurnalis peliput... [More...]

Brimob gebuki wartawan di Makassar, Kapolri minta maaf

Brimob gebuki wartawan di Makassar, Kapolri minta maaf

Jakarta, NTTOnline - Kapolri Jenderal Sutarman mengakui anak buahnya melakukan kesalahan terhadap sejumlah awak media yang sedang meliput aksi... [More...]

AJI Indonesia Susun Formulasi Standar Upah & Kontrak Kerja Jurnalis

AJI Indonesia Susun Formulasi Standar Upah & Kontrak Kerja Jurnalis

Jakarta, NTTOnline - Devisi Serikat Pekerja AJI Indonesia menggelar diskusi terfokus dengan tema 'Formulasi Standar Upah dan Kontrak Kerja untuk... [More...]

Banyak mahasiswa asal Indonesia ikut wajib militer di Singapura

Banyak mahasiswa asal Indonesia ikut wajib militer di Singapura

Jakarta, NTTOnline - Dua Warga Negara Indonesia (WNI) ketahuan mengikuti wajib militer di Singapura. Mereka kepergok saat TNI AD dan Angkatan Darat... [More...]

Olahraga

Ronaldo pada Di Maria: Nomor 7 Berarti Tanggung Jawab Besar

Ronaldo pada Di Maria: Nomor 7 Berarti...

Monte Carlo, NTTOnline - Cristiano Ronaldo mengatakan kepada Angel Di Maria bahwa kostum nomor tujuh di Manchester United memiliki tanggung jawab... [More...]

Rekor dan Catatan dari Kemenangan 3-0 Arsenal atas City

Rekor dan Catatan dari Kemenangan 3-0...

Jakarta. NTTOnline - Arsenal meraih kemenangan besar atas Manchester City di ajang Community Shield. Skor 3-0 yang tercipta menyamai sebuah... [More...]

5 Pevoli Wanita Tercantik di Dunia

5 Pevoli Wanita Tercantik di Dunia

  Jakarta, NTTOnline - Dunia maya sempat dihebohkan dengan kehadiran pevoli cantik asal Kazakhstan, Sabina Altynbekova, dalam dua pekan terakhir.... [More...]

Gol Mario Gotze Hancurkan Impian Argentina Jadi Juara

Gol Mario Gotze Hancurkan Impian...

Jakarta, NTTOnline - Awal babak kedua, Lionel Messi nyaris menyihir Maracana. Ia mendribble bola, membuka peluangnya sendiri. Namun tembakan Si... [More...]


Cerita Sejarah Seputar NTT

Sejarah Sabu Raijua

Sejarah Sabu Raijua

Pulau Sabu juga dikenal dengan sebutan Sawu atau Savu. Penduduk di pulau ini sendiri menyebut pulau mereka dengan sebutan Rai Hawu yang artinya... [More...]

Pendaratan VOC di Pulau Sabu

Pendaratan VOC di Pulau Sabu

Seperti kebanyakan pulau di daerah sekitarnya, Pulau Sabu mungkin telah dihuni semenjak jaman Neolitic. Penelitian arkeologis menunjukkan bahwa goa... [More...]

Sekilas Kerajaan Amanatun

Sekilas Kerajaan Amanatun

Kerajaan Amanatun (Onam) terletak di pulau Timor bagian barat, wilayah Indonesia dan merupakan kerajaan tua. Di era kemerdekaan kerajaan Amanatun... [More...]

Pertempuran hebat demi Timor (Battle of Timor)

Pertempuran hebat demi Timor (Battle of...

  Sampai pada akhir-1941, Pulau Timor dibagi secara politis antara dua kekuatan kolonial: Portugis di bagian timur dengan ibu kota di Dili, dan... [More...]

Sejarah Alor

Sejarah Alor

Menurut ceritra yang beredar di masyarakat Alor, kerajaan tertua di Kabupaten Alor adalah kerajaan Abui di pedalaman pegunungan Alor dan... [More...]

Dunia Selebriti

Fakta Menyedihkan Kecelakaan Maut Artis Cantik Korea

Fakta Menyedihkan Kecelakaan Maut Artis Cantik Korea

Jakarta, NTTOnline - Kesedihan dan kedukaan masih menyelimuti dunia hiburan Korea Selatan. Publik Korea kehilangan dua bintang muda mereka, EunB... [More...]

Kecupan Leila Hatami di Festival Film Cannes Gegerkan Iran

Kecupan Leila Hatami di Festival Film Cannes Gegerkan Iran

Teheran, NTTOnline - Aksi bintang film Iran, Leila Hatami, yang memberikan kecupan kepada Presiden Asosiasi Festival Film Cannes, Gilles Jacob,... [More...]

Jupe Lahap 9 Perjaka Untuk Tetap Awet Muda di Main Dukun

Jupe Lahap 9 Perjaka Untuk Tetap Awet Muda di Main Dukun

Jakarta, NTTOnline - Obsesi Julia Perez alias Jupe untuk tetap awet muda dan cantik menuntutnya harus bercinta dengan sembilan orang perjaka... [More...]

Dianugerahi Pangkat Letkol, Idris Sardi Tak Ambil Gaji 3 Tahun

Dianugerahi Pangkat Letkol, Idris Sardi Tak Ambil Gaji 3 Tahun

Jakarta, NTTOnline - Setelah sempat dianugerahi penghargaan Satuan Angkatan Darat berupa pangkat Letnan Kolonel (Purnawirawan) Idris Sardi,... [More...]


Lifestyle

Sains & Teknologi

Referensi Film

Atambua 39' Celsius: Menguak Kisah Perbatasan

Atambua 39' Celsius: Menguak Kisah Perbatasan

Jakarta - Riri Riza dan Mira Lesmana kembali berkolaborasi menciptakan sebuah karya film inspiratif. Dengan bujet yang terbilang kecil... [More...]

What to Expect When You're Expecting

What to Expect When You're Expecting

Film bioskop terbaru berjudul What to Expect When You're Expecting. BErkisah tentang DIlema para wanita untuk menjadi seorang ibu. Film ini... [More...]

Brave: FIlm Animasi Yang Penuh Kisah Inspiratif

Brave: FIlm Animasi Yang Penuh Kisah Inspiratif

Film animasi terbaru berjudul Brave. Bercerita tentang seorang putri bernama Merida yang dak mengira akan keputusannya yang mengubah takdir, malah... [More...]

 The Raid

The Raid

The Raid menceritakan tentang sekelompok tim SWAT yang tiba di sebuah blok apartemen kumuh dengan misi menangkap pemiliknya, seorang raja bandar... [More...]

Khasiat Tanaman Obat

Brokoli pengusir kanker perut

Brokoli pengusir kanker perut

Banyak polusi dan banyak stress merupakan andil terbesar dalam kesehatan kita. Tidak sedikit penyakit datang karena kedua faktor itu, apalagi yang... [More...]

Obat Flu atau Pilek Tradisional herbal

Obat Flu atau Pilek Tradisional herbal

Flu atau biasa dikenal dengan penyakit pilek, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Sakit flu / pilek biasa terjadi jika udara... [More...]

Obat untuk Asam Urat dan rematik

Obat untuk Asam Urat dan rematik

Pernah merasakan rasa nyeriataupun rasa sakit di bagian kaki anda? Ya, Asam urat dan rematik adalah jenis penyakit yang sering dirasakan oleh mereka... [More...]

Ramuan Tradisional Untuk Menyembuhkan Ambeien atau Hemorrhoid

Ramuan Tradisional Untuk Menyembuhkan...

Penyakit Hemorrhoid atau ambeien adalah suatu keadaan dimana terjadi pembengkakan pada lubang anus yang mengandung arteri kecil, vena, dan jaringan... [More...]

Keunggulan Tomat Sebagai Obat Jerawat

Keunggulan Tomat Sebagai Obat Jerawat

Pada kesempatan yang lalu, kita telah membahas tentang keunggulan tomat untuk kesehatan tubuh kita. Nah, selain itu, ternyata buah tomat selain bisa... [More...]