Sejarah Alor

E-mail Print PDF

Menurut ceritra yang beredar di masyarakat Alor, kerajaan tertua di Kabupaten Alor adalah kerajaan Abui di pedalaman pegunungan Alor dan kerajaan Munaseli di ujung timur pulau Pantar. Suatu ketika, kedua kerajaan ini terlibat dalam sebuah Perang Magic. Mereka menggunakan kekuatan-kekuatan gaib untuk saling menghancurkan. Munaseli mengirim lebah ke Abui sebaliknya Abui mengirim angin topan dan api ke Munaseli. Perang ini akhirnya dimenangkan oleh Munaseli.

Konon, tengkorak raja Abui yang memimpin perang tersebut saat ini masih tersimpan dalam sebuah goa di Mataru. Kerajaan berikutnya yang didirikan adalah kerajaan Pandai yang terletak dekat kerajaan Munaseli dan Kerajaan Bunga Bali yang berpusat di Alor Besar. Munaseli dan Pandai yang bertetangga, akhirnya juga terlibat dalam sebuah perang yang menyebabkan Munaseli meminta bantuan kepada raja kerajaan Majapahit, mengingat sebelumnya telah kalah perang melawan Abui.

Sekitar awal tahun 1300-an, satu detasmen tentara bantuan kerajaan Majapahit tiba di Munaseli tetapi yang mereka temukan hanyalah puing-puing kerajaan Munaseli sedangkan penduduknya telah melarikan diri ke berbagai tempat di Alor dan sekitarnya. Para tentara Majapahit ini akhirnya banyak yang memutuskan untuk menetap di Munaseli, sehingga tidak heran jika saat ini banyak orang Munaseli yang bertampang Jawa. Peristiwa pengiriman tentara Majapahit ke Munaseli inilah yang melatarbelakangi disebutnya Galiau (Pantar) dalam buku Negarakartagama karya Empu Prapanca yang ditulisnya pada masa jaya kejayaan Majapahit (1367). Buku yang sama juga menyebut Galiau Watang Lema atau daerah-daerah pesisir pantai kepulauan. Galiau yang terdiri dari 5 kerajaan, yaitu Kui dan Bunga Bali di Alor serta Blagar, Pandai dan Baranua di Pantar. Aliansi 5 kerajaan di pesisir pantai ini diyakini memiliki hubungan dekat antara satu dengan lainnya. Bahkan raja-raja mereka mengaku memiliki leluhur yang sama.

Pendiri ke 5 kerajaan daerah pantai tersebut adalah 5 Putra Mau Wolang dari Majapahit dan mereka dibesarkan di Pandai. Yang tertua diantara mereka memerintah daerah tersebut. Mereka juga memiliki hubungan dagang, bahkan hubungan darah dengan aliansi serupa yang terbentang dari Solor sampai Lembata. Jalur perdagangan yang dibangun tidak hanya diantara mereka tetapi juga sampai ke Sulawesi, bahkan ada yang menyebutkan bahwa kepulauan kecil di Australia bagian utara adalah milik jalur perdagangan ini. Mungkin karena itulah, beberapa waktu lalu sejumlah pemuda dari Alor Pantar melakukan pelayaran ke pulau Pasir di Australia bagian utara. Laporan pertama orang-orang asing tentang Alor bertanggal 8 – 25 Januari 1522, Pigafetta, seorang penulis bersama awak armada Victoria sempat berlabuh di pantai Pureman, Kecamatan Alor Barat Daya. Ketika itu mereka dalam perjalanan pulang ke Eropa setelah berlayar keliling dunia dan setelah Magelhaen, pemimpin armada Victoria mati terbunuh di Philipina. Pigafetta juga menyebut Galiau dalam buku hariannya. Observasinya yang keliru adalah penduduk pulau Alor memiliki telinga lebar yang dapat dilipat untuk dijadikan bantal sewaktu tidur. Pigafetta jelas telah salah melihat payung tradisional orang Alor yang terbuat dari anyaman daun pandan. Payung ini dipakai untuk melindungi tubuh sewaktu hujan.

Dengan Perjanjian Lisabon pada tahun 1851, kepulauan Alor diserahkan kepada Belanda dan pulau Atauru diserahkan kepada Portugis. Orang-orang Portugis sendiri sebenarnya tidak pernah benar-benar menduduki Alor, walaupun masih ada sisa-sisa dari zaman Portugis seperti sebuah jangkar besar di Alor Kecil. Pada tahun 1911, Pemerintah colonial Belanda memindahkan pelabuhan laut utama dan pusat Pemerintahan Alor dari Alor Kecil ke Kalabahi. Kalabahi dipilih karena datarannya lebih luas dan lautnya lebih teduh. Kota Kalabahi artinya pohon kusambi, yang mana dulunya memang menghutani dataran ini. Dengan pemindahan pusat kekuasaan ke Kalabahi, Pemerintah colonial Belanda menempatkan Mr. Bouman sebagai Kontroler pertama di Alor. Sebelumnya tanda kehadiran colonial belanda di Alor, hanya terdiri dari seorang penjaga pos dan seorang serdadu berpangkat letnan.

Pada masa kontroler Bouman, beberapa pegawai pemerintah Belanda didatangkan. Upaya-upaya mengkristenkan para penganut animismepun mulai dilakukan. Baptisan pertama dilakukan pada tahun 1908 di pantai Dulolong, ketika seorang Pandeta berkebangsaan Jerman, D. S. William Bach tiba dengan sebuah kapal Belanda bernama Canokus, yang oleh orang Alor di zaman itu disebut dengan Kapal Putih. Diantara mereka yang dibaptis terdapat Lambertus Moata dan Umar Watang Nampira, seorang penganut Islam yang taat. Lambertus Moata kemudian menjadi Pendeta Pribumi Alor yang pertama, sedangkan Umar Watang Nampira barangkali bersedia dibaptis untuk menghormati para pengunjung pada saat itu. Gereja pertama yang dibangun adalah Gereja Kalabahi (sekarang Gereja Pola). Gereja ini dibangun pada tahun 1912. Kayu-kayunya didatangkan dari Kalimantan sedangkan pekerjanya adalah Pak Kamis dan Pak Jawas yang beragama Muslim. Oleh karena itu sampai saat ini masih merupakan sesuatu yang umum dilakukan di Alor bahwa pembangunan Gereja dilakukan oleh orang Muslim dan Mesjid dilakukan oleh orang Kristen. Pada masa ini Alor terdiri dari 5 kerajaan, yaitu Kui, Batulolong, Kolana, Baranusa dan Alor. Kerajaan Alor wilayahnya meliputi seluruh jasirah Kabola (bagian utara pulau Alor).

Pada tahun 1912 terjadi pengalihan kekuasaan raja dari dinasti Tulimau di Alor Besar kepada dinasti Nampira di Dulolong. Pemerintah colonial Belanda lebih cenderung memilih Nampira Bukang menjadi raja Alor sebab beliau berpendidikan dan fasih berbahasa belanda. Sebagai kompensasi, putra mahkota Tulimau ditunjuk sebagai kapitan Lembur. Pengalihan kekuasaan ini menyebabkan terjadinya beberapa pemberontakan namun dapat diredam dengan bantuan Belanda, sehingga sehingga secara tidak langsung pengalihan kekuasaan ini telah menjadi bibit salah satu lembaran hitam sejarah Alor dengan terbunuhnya Bala Nampira.

Pada 1915 s/d 1918, Bala Nampira menjadi raja menggantikan ayahnya dan Pada 1918, beliau mati terbunuh di Atengmelang. Penyebab terbunuhnya Raja ini masih diperdebatkan sampai saat ini dan kadang-kadang dapat membangkitkan amarah diantara sesame orang Alor.
Diyakini bahwa anggota-anggota Galiau Watang Lema menganggap pergantian raja sebagai sebuah pelanggaran yang amat berat dalam aliansi mereka oleh karena sekutu dan saudara mereka telah dipermalukan. Sementara itu, di Abui timbul rasa tidak puas dikalanga bangsawan oleh karena mereka diharuskan takluk kepada Pemerintahan Raja Nampira. Beberapa anggota Galiau Watang Lema yang tidak puas dengan pengalihan kekuasaan raja itu menjanjikan sebuah Moko yang bernilai tinggi kepada seorang wanita dari Manet bernama Malailehi apabila dapat membunuh Raja Nampira. Dengan cara ini mereka berniat mengembalikan takhta Bungan Bali ke Alor Besar.

Untuk memulihkan Hukum dan Pemerintahannya di Alor, maka Pemerintah Kolonial Belanda, melalui kontroler Mr. Muller menggunakan strategi yang ampuh, yaitu dengan mengawinkan Putra Nampira dengan Putri Bunga Bali dan berhasil dengan baik karena perdamaianpun tercipta pada saat itu. Pada tahun 1930 an, Pemerintah Kolonial Belanda mulai melakukan pembangunan wilayah. Para isteri pegawai Pemerintah dikirim ke Alor. Kerja sama dengan 5 kerajaan relative baik. Sepanjang jalan utama di tengah kota, rumah-rumah pegawai Pemerintah Kolonial dibangun. Beberapa diantaranya masih dipakai hingga kini. Jalan-jalan dibangun kesegala arah, bahkan saluran airpun dibangun, namun hanya untuk kebutuhan Rumah Sakit dan Pegawai Kolonial Belanda.

Setelah sempat dijajah Jepang dalam Perang Dunia II, kemerdekaan Indonesiapun diproklamirkan. Walau demikian di Alor masih terdapat orang asing. Pada tahun 1950-an dan 1960-an, sejumlah orang anti wajib militer dan misioneris dating ke Alor dan bekerja sebagai Pendeta, Perawat bahkan Dokter. Diantara mereka terdapat suami-isteri Dokter De Jong yang bekerja di Rumah Sakit Umum Kalabahi. Dalam bukunya “Brieven aan Alor” (Surat-surat ke Alor), Dokter De Jong menceritrakan tentang pengalamannya bekerja di Alor. Menurut ceritra orang Alor, ada salah satu Dokter dari Jerman, Dokter Kleven memberi nama Loni kepada Putrinya sesuai kata “Balalonikai” dalam sebuah lagu lego-lego yang terkenal yaitu “Lendolo”.

Sumber :
http://www.alorkab.go.id/


rssfeed
Email Twitter Facebook google YahooWebSzenario
 

 

Seputar NTT

PEMBERITAHUAN PEMADAMAN ALIRAN LISTRIK SELASA 9 FEBRUARI 2016

PEMBERITAHUAN PEMADAMAN ALIRAN LISTRIK SELASA 9 FEBRUARI 2016

Berikut Ini PT PLN Wilayah NTT Area Kupang Sampaikan Rencana Jadwal Pemadaman Bergilir Selasa 9 Februari 2016 ... [More...]

AU Mengaku Buang Bayinya Atas Kemauan Sendiri

AU Mengaku Buang Bayinya Atas Kemauan Sendiri

Laporan Yansen BauAtambua, NTTOnlinenow.com - Ibu kandung bayi AU (22) mengaku tega membuang darah dagingnya atas keinginan pribadinya sendiri,... [More...]

Setelah Dirawat Dua Hari, Akhirnya Bayi Dibuang Ibunya Meninggal

Setelah Dirawat Dua Hari, Akhirnya Bayi Dibuang Ibunya Meninggal

Laporan Yansen BauAtambua, NTTOnlinenow.com - Setelah menjalani perawatan tim medis di ruang bayi Rumah Sakit Mgr.Gabriel Manek selama dua hari... [More...]

Ini Beberapa Negara Yang Berlakukan Imlek sebagai Libur Nasional

Ini Beberapa Negara Yang Berlakukan Imlek sebagai Libur Nasional

Jakarta, NTTOnlinenow.com - TAHUN baru China atau yang lebih dikenal dengan Imlek diberlakukan sebagai Hari Libur Nasional di Indonesia pada masa... [More...]

PEMBERITAHUAN PEMADAMAN ALIRAN LISTRIK SENIN 8 FEBRUARI 2016

PEMBERITAHUAN PEMADAMAN ALIRAN LISTRIK SENIN 8 FEBRUARI 2016

Berikut Ini PT PLN Wilayah NTT Area Kupang Sampaikan Rencana Jadwal Pemadaman Bergilir Senin 8 Februari 2016 ... [More...]

Novel Baswedan Ditawari Posisi di BUMN, Barter Kasus?

Novel Baswedan Ditawari Posisi di BUMN, Barter Kasus?

Jakarta, NTTOnlineow.com - Kuasa hukum Novel Baswedan, Muji Kartika Rahayu, mengatakan kliennya mendapat tawaran posisi di badan usaha milik negara... [More...]

Bom Bunuh Diri Meledak di Pesawat, Beruntung Bisa Mendarat

Bom Bunuh Diri Meledak di Pesawat, Beruntung Bisa Mendarat

NTTOnlinenow.com - Sebuah peristiwa mengerikan terjadi di pesawat Daallo Airlines, 2 Februari 2016 lalu. Pesawat itu melakukan pendaratan darurat... [More...]

Senator Iban Medah: Bubarkan DPD Bukan Solusi

Senator Iban Medah: Bubarkan DPD Bukan Solusi

Laporan Laurens Leba TukanKupang, NTTOnlinenow.com - Wacana pembubaran lembaga negara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang digelorakan dari hasil... [More...]

Sampah Berserakan di Pasar Baru Atambua Mengeluarkan Bau Menyengat

Sampah Berserakan di Pasar Baru Atambua Mengeluarkan Bau Menyengat

Laporan Yansen BauAtambua, NTTOnlinenow.com - Sampah di pasar baru Atambua, persisnya di tempat penjualan ikan, daging dan ayam potong berserakan.... [More...]

Ini Jadwal Pemadaman Listrik Minggu 7 Februari 2016

Ini Jadwal Pemadaman Listrik Minggu 7 Februari 2016

Berikut Ini PT PLN Wilayah NTT Area Kupang Sampaikan Rencana Jadwal Pemadaman Bergilir Minggu 7 Februari 2016 ... [More...]

Polisi Tangkap Ibu Yang Buang Bayi

Polisi Tangkap Ibu Yang Buang Bayi

Laporan Yansen BauAtambua, NTTOnlinenow.com - Setelah penelusuran di lokasi pembuangan bayi, aparat Polres Belu melakukan pendalaman terkait kasus... [More...]

Pansel Uji Kompetensi Pejabat Eselon II Pemkot Kupang Terbentuk

Pansel Uji Kompetensi Pejabat Eselon II Pemkot Kupang Terbentuk

Laporan Nyongki MauletiKupang, NTTOnlinenow.com - Panitia Seleksi (Pansel) pejabat Eselon II telah dibentuk dengan Surat Keputusan (SK) Wali Kota... [More...]

Pustu Batuplat Ditingkatkan Menjadi Puskesmas

Pustu Batuplat Ditingkatkan Menjadi Puskesmas

Laporan Nyongki MauletiKupang, NTTOnlinenow.com - Menyusul permintaan yang tinggi dari warga kelurahan Batuplat, Kecamatan Alak, soal sarana... [More...]

Ini Jadwal Pemadaman Listrik Sabtu 6 Februari 2016

Ini Jadwal Pemadaman Listrik Sabtu 6 Februari 2016

Berikut Ini PT PLN Wilayah NTT Area Kupang Sampaikan Rencana Jadwal Pemadaman Bergilir Sabtu 6 Februari 2016 ... [More...]

Walikota Bantah Tudingan Menghambat Penyaluran Beasiswa PIP

Walikota Bantah Tudingan Menghambat Penyaluran Beasiswa PIP

Laporan Nyongki MauletiKupang, NTTOnlinenow.com - Disebut-sebut menghambat Penyaluran Beasiswa melalui Program Indonesia Pintar (PIP), dari... [More...]

Kekeringan Melanda Ratusan Hektar Sawah Di Fatuketi-Belu

Kekeringan Melanda Ratusan Hektar Sawah Di Fatuketi-Belu

Laporan Yansen BauAtambua, NTTOnlinenow.com - Akibat dilanda kemarau panjang ratusan hektar lahan persawahan milik warga di Desa Fatuketi, Kecamatan... [More...]

NTT dan Tiles Sepakat Tingkatkan Kapasitas SDM IKM

NTT dan Tiles Sepakat Tingkatkan Kapasitas SDM IKM

Laporan Jean Alfredo NenoKupang, NTTOnlinenow.com - Pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Pemerintah Negara Timor Leste (Tiles) sepakat membangun... [More...]

Warga Temukan Bayi Yang Baru Lahir Dibuang Orang Tuanya

Warga Temukan Bayi Yang Baru Lahir Dibuang Orang Tuanya

Laporan Yansen BauAtambua, NTTOnlinenow.com - Warga Halifehan RT 05, Kelurahan Tenukiik, Kabupaten Belu dihebohkan dengan penemuan seorang bayi... [More...]

Rumah Lansia Pemkot Belum Dimanfaatkan

Rumah Lansia Pemkot Belum Dimanfaatkan

Laporan Nyongki MauletiKupang, NTTOnlinenow.com - Pemerintah Kota Kupang saat ini sudah menyediakan rumah penampung bagi Manusia Lanjut Usia (Manula)... [More...]

Sepajang Tahun 2015, Ekonomi NTT Tumbuh 5,02 Persen

Sepajang Tahun 2015, Ekonomi NTT Tumbuh 5,02 Persen

Laporan Jean Alfredo NenoKupang, NTTOnlinenow.com - Perekonomian Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun 2015 diukur berdasarkan Produk Domestik Regional... [More...]

Ini Jadwal Pemadaman Listrik Jumat 5 Februari 2016

Ini Jadwal Pemadaman Listrik Jumat 5 Februari 2016

Berikut Ini PT PLN Wilayah NTT Area Kupang Sampaikan Rencana Jadwal Pemadaman Bergilir Jumat 5 Februari 2016 ... [More...]

Di NTT, Kubu Agung Pimpin Panitia Musda Kubu Ical

Di NTT, Kubu Agung Pimpin Panitia Musda Kubu Ical

Laporan Laurens Leba tukanKupang, NTTOlinenow.com - Politisi senior Partai Golkar NTT Mec Sabah yang sebelumnya menjadi pilar utama kekuatan Partai... [More...]

Pemkab Belu Tingkatkan Kepemilikan Akta Kelahiran

Pemkab Belu Tingkatkan Kepemilikan Akta Kelahiran

Laporan YansenAtambua, NTTOnlinenow.com - Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pendidikan Pemuda dan... [More...]

Masyarakat NTT Mulai Melirik Potensi Laut

Masyarakat NTT Mulai Melirik Potensi Laut

Laporan Jean Alfredo NenoKupang, NTTOnlinenow.com- Masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai melirik potensi kelautan dan perikanan di... [More...]

Walikota Terus Dapat Apresiasi, Kali Ini Warga Kelurahan Batuplat

Walikota Terus Dapat Apresiasi, Kali Ini Warga Kelurahan Batuplat

Laporan Nyongki MauletiKupang, NTTOnlinenow.com - Setelah berhasil dengan berbagai  program yang berpihak kepada rakyat, serta sering melakukan... [More...]

Ekonomi Bisnis

Shopee, Mobile Marketplace pertama meluncurkan program gratis ongkir ke seluruh Indonesia

Shopee, Mobile Marketplace pertama...

Jakarta, NTTOnlinenow.com - Shopee, aplikasi mobile marketplace pertama bagi konsumen-ke-konsumen (C2C) dengan fitur pembayaran dan logistik, untuk... [More...]

Melia Hotel International Perluas Kehadiran Di Lombok

Melia Hotel International Perluas...

Jakarta, NTTOnlinenow.com - 21 Januari 2016 – Meliá Hotels International terus memperkuat keberadaannya di Indonesia, yang merupakan destinasi... [More...]

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Dua Kali Singapura

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Dua Kali...

Jakarta, NTTOnlinenow.com - Presiden Joko Widodo mengungkapkan pertumbuhan ekonomi pada 2015 mencapai 4,7-4,8 persen. Angka ini dua kali lebih besar... [More...]

Tarif Listrik Menyesuaikan Perubahan Nilai Tukar Mata Uang

Tarif Listrik Menyesuaikan Perubahan...

Kupang, NTTOnlinenow.com - Tariff adjustment listrik bulan Desember 2015 telah ditetapkan. Sesuai Peraturan Menteri (Permen) Energi dan Sumber Daya... [More...]

Pikavia.com, Cara Baru Agen Tour Dalam Berjualan Paket Tour

Pikavia.com, Cara Baru Agen Tour Dalam...

Bandung,Indonesia, NTTOnlinenow.com - Pertumbuhan perkembangan penjualan produk travel secara online memang terus meningkat, termasuk di Asia... [More...]

Pameran Plastic & Rubber Indonesia 2015 menampilkan solusi industri yang dinamis

Pameran Plastic & Rubber Indonesia 2015...

Jakarta, NTTOnlinenow.com - Pameran Plastics & Rubber Indonesia 2015, diselenggarakan untuk yang ke 28 kalinya dengan menampilkan mesin, pemrosesan... [More...]

Penawaran Istimewa Untuk Pelanggan Setia Ace & Informa Di Hari Pelanggan Nasional

Penawaran Istimewa Untuk Pelanggan...

Jakarta, NTTOnline - September 2015,ACE & INFORMA kembali memberikan apresiasi kepada para pelanggan setianya dengan berbagai penawaran menarik,... [More...]

Layanan Baru Situs eCommerce dari RS Components Memberikan Kemudahan bagi Insinyur Indonesia

Layanan Baru Situs eCommerce dari RS...

Jakarta, NTTOnline - 26 Agustus, 2015 - RS Components (RS) adalah merek dagang dari Electrocomponents plc (LSE:ECM), distributor global peralatan... [More...]


 

 

 


 

 


Nasional & Dunia

Peran asing di balik teror bom di Thamrin

Peran asing di balik teror bom di Thamrin

Jakarta, NTTOnlinenow.com - Pekan lalu aksi teroris mengguncang kawasan Thamrin, Jakarta Pusat. Delapan orang dilaporkan tewas dan 20 orang... [More...]

Mirna Meninggal Usai Seruput Kopi, ini Keterangan Cafe Olivier GI

Mirna Meninggal Usai Seruput Kopi, ini Keterangan Cafe Olivier GI

Jakarta, NTTOnlinenow.com - Wayan Mirna (27) meninggal dunia setelah menyeruput es kopi Vietnam di Cafe Olivier di Mal Grand Indonesia. Pihak... [More...]

Ini Besiswa Untuk SMA di Australia, 100% Gratis

Ini Besiswa Untuk SMA di Australia, 100% Gratis

Jakarta,NTTOnlinenow.com - Peluang bagus untuk pelajar SMA berbakat di Indonesia yang ingin mengenyam pendidikan di Australia. Tahun ini Australian... [More...]

Januari 2016 Harga BBM Bakal Turun

Januari 2016 Harga BBM Bakal Turun

Jakarta, NTTOnlinenow.com - Kabar gembira sepertinya menyambut rakyat di Indonesia awal tahun 2016 mendatang. Pasalnya, Menteri Energi dan Sumber... [More...]

2015: Musim Gugur Pers, Aksi Polisi Menjadi-jadi

2015: Musim Gugur Pers, Aksi Polisi Menjadi-jadi

Jakarta, NTTOnlinenow.com - Kebebasan pers dan berekspresi di Indonesia semakin mengkhawatirkan dalam 10 tahun terakhir. Posisi Indonesia terbaru... [More...]

Kasus Papa Minta Saham, Kejagung Panggil Sekretaris Setya Novanto

Kasus Papa Minta Saham, Kejagung Panggil Sekretaris Setya Novanto

Jakarta, NTTOnlinenow.com - Tim penyelidik Kejaksaan Agung (Kejagung) hari ini memanggil Sekretaris Setya Novanto terkait kasus 'Papa Minta Saham'.... [More...]

MKD Kembali Bersidang, Akbar Faizal: Reza Chalid Nggak Ada Kabar Sama Sekali

MKD Kembali Bersidang, Akbar Faizal: Reza Chalid Nggak Ada Kabar Sama...

Jakarta, NTTOnlineow.com - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR hari ini kembali bersidang dengan memanggil pengusaha Reza Chalid dan Menko Polhukam... [More...]

Olahraga

Australia Terbuka, Menang Dua Set Langsung, Radwanska Tunggu Lawan di Semifinal

Australia Terbuka, Menang Dua Set...

Melbourne, NTTOnlinenow.com - Agnieszka Radwanska menjadi petenis pertama yang lolos ke semifinal. Radwanska melaju setelah menang straight set atas... [More...]

Zidane Nilai Di Maria Bakal Bantu PSG Naik Level di Liga Champions

Zidane Nilai Di Maria Bakal Bantu PSG...

Paris, NTTOnline - Meski dominan di Liga Prancis, Paris Saint-Germain masih belum terlalu mampu menancapkan kuku di Liga Champions. Namun hal itu... [More...]

Lisicki Tumbangkan Ivanovic Getty Images Sport/Al Bello

Lisicki Tumbangkan Ivanovic Getty...

Key Biscane - Petenis Jerman, Sabine Lisicki, tampil impresif dengan menumbangkan petenis Serbia, Ana Ivanovic, di babak ketiga Miami Open dalam... [More...]

Liverpool Atasi Spurs 3-2, Balotelli Cetak Gol Penentu

Liverpool Atasi Spurs 3-2, Balotelli...

Liverpool, NTTOnline - Duel sengit hadir ketika Liverpool menjamu Tottenham Hotspur. Lima gol hadir, dengan hasil akhir 3-2 untuk kemenangan The Reds... [More...]

Maradona Kepergok Mesum Gunakan 'Tangan Tuhan'

Maradona Kepergok Mesum Gunakan 'Tangan...

NTTOnline - Legenda hidup Argentina, Diego Maradona, kembali menjadi bahan pemberitaan. Kali ini ia tertangkap kamera sedang berpose mesum dengan... [More...]


Cerita Sejarah Seputar NTT

Sejarah Sabu Raijua

Sejarah Sabu Raijua

Pulau Sabu juga dikenal dengan sebutan Sawu atau Savu. Penduduk di pulau ini sendiri menyebut pulau mereka dengan sebutan Rai Hawu yang artinya... [More...]

Pendaratan VOC di Pulau Sabu

Pendaratan VOC di Pulau Sabu

Seperti kebanyakan pulau di daerah sekitarnya, Pulau Sabu mungkin telah dihuni semenjak jaman Neolitic. Penelitian arkeologis menunjukkan bahwa goa... [More...]

Sekilas Kerajaan Amanatun

Sekilas Kerajaan Amanatun

Kerajaan Amanatun (Onam) terletak di pulau Timor bagian barat, wilayah Indonesia dan merupakan kerajaan tua. Di era kemerdekaan kerajaan Amanatun... [More...]

Pertempuran hebat demi Timor (Battle of Timor)

Pertempuran hebat demi Timor (Battle of...

  Sampai pada akhir-1941, Pulau Timor dibagi secara politis antara dua kekuatan kolonial: Portugis di bagian timur dengan ibu kota di Dili, dan... [More...]

Dunia Selebriti

Empat bintang porno Indonesia kondang di luar negeri

Empat bintang porno Indonesia kondang di luar negeri

Jakarta, NTTOnline - Dunia industri pornografi memang tidak pernah ada matinya. Bintang-bintang film biru pun terus bermunculan. Industri film panas... [More...]

7 Seleb Indonesia yang gambar bugilnya pernah 'kecolongan'

7 Seleb Indonesia yang gambar bugilnya pernah 'kecolongan'

NTTOnline - Jejaring sosial memang sangat mempengaruhi perkembangan di masyarakat. Trend yang beredar di masyarakat bisa bermula dari jejaring... [More...]

Daftar Lengkap Peraih Piala Oscar 2015

Daftar Lengkap Peraih Piala Oscar 2015

Jakarta, NTTOnline - The Academy Awards ke-87 telah selesai dihelat. Acara yang digelar di Dolby Theater, Minggu, 22 Februari 2015 malam waktu... [More...]

Aktor senior Alex Komang meninggal dunia

Aktor senior Alex Komang meninggal dunia

Jakarta, NTTOnline - Aktor senior Alex Komang meninggal dunia malam ini. Alex diketahui mengidap kanker hati yang kronis. Alex sempat dirawat di RS... [More...]


Lifestyle

Begini Cara Soda Merusak Tubuh dalam 65 Menit
article thumbnail Suka minum soda? Segar ya diminum saat cuaca panas, rasanya segar dan menghilangkan dahaga dalam seketika. eitss jangan tenang tenang dulu. dibalik kesegarannya ternyata ada fakta mengerikan yang...

Sains & Teknologi

Otomotif

Referensi Film

10 Film Box Office Pekan Ini

10 Film Box Office Pekan Ini

Jakarta, NTTOnline - Siapa sangka film The SpongeBob Film: Sponge Out of Water mampu melesat ke puncak box office Amerika Serikat dan Kanada, pekan... [More...]

Atambua 39' Celsius: Menguak Kisah Perbatasan

Atambua 39' Celsius: Menguak Kisah Perbatasan

Jakarta - Riri Riza dan Mira Lesmana kembali berkolaborasi menciptakan sebuah karya film inspiratif. Dengan bujet yang terbilang kecil... [More...]

What to Expect When You're Expecting

What to Expect When You're Expecting

Film bioskop terbaru berjudul What to Expect When You're Expecting. BErkisah tentang DIlema para wanita untuk menjadi seorang ibu. Film ini... [More...]

Brave: FIlm Animasi Yang Penuh Kisah Inspiratif

Brave: FIlm Animasi Yang Penuh Kisah Inspiratif

Film animasi terbaru berjudul Brave. Bercerita tentang seorang putri bernama Merida yang dak mengira akan keputusannya yang mengubah takdir, malah... [More...]

Review IT

Pertama di Indonesia, Tablet 3D Tanpa Kacamata

Pertama di Indonesia, Tablet 3D Tanpa Kacamata

Jakarta - Perkembangan tablet PC sudah merambah ke arah tiga dimensi (3D). Hal inilah yang tengah digalakkan Wearnes, yang mengusung tablet 3D... [More...]

Samsung Resmi Rilis Galaxy S III

Samsung Resmi Rilis Galaxy S III

Smartphone Galaxy S III yang telah lama ditunggu publik akhirnya diluncurkan secara resmi oleh Samsung pada Kamis (3/5/2012). ... [More...]

Apple iPhone 4S

Apple iPhone 4S

Desain  Tampilan antara iPhone 4S dan iPhone bisa dibilang serupa. Desain iPhone 4S tampak mengkotak namun membentuk lengkungan di keempat... [More...]

Nexian NX-A7500 New Genius

Nexian NX-A7500 New Genius

  Desain Dari sisi desain, terdapat perbedaan antara tablet yang lama dan versi baru ini. Di generasi pertama, pada bagian depan memiliki... [More...]

Beyond B880

Beyond B880

Desain Seperti handphone-handphome merek lokal yang meniru desain smartphone merek papan atas lainnya, Beyond B880 pun tidak tanggung-tanggung... [More...]

Sony Xperia S

Sony Xperia S

  Desain Bodi Sony Xperia S cukup tebal. Smartphone ini memiliki dimensi 128 x 64 x 10,6mm dan bobot sedang yaitu sekitar 144 gram. Namun... [More...]

Khasiat Tanaman Obat

Tanaman Ini Mampu Bunuh 98% Sel Kanker Hanya dalam 16 Jam

Tanaman Ini Mampu Bunuh 98% Sel Kanker...

NTTOnline - Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Life Science, tanaman ini telah digunakan dalam pengobatan China dan mampu membunuh 98 persen... [More...]

Brokoli pengusir kanker perut

Brokoli pengusir kanker perut

Banyak polusi dan banyak stress merupakan andil terbesar dalam kesehatan kita. Tidak sedikit penyakit datang karena kedua faktor itu, apalagi yang... [More...]

Obat Flu atau Pilek Tradisional herbal

Obat Flu atau Pilek Tradisional herbal

Flu atau biasa dikenal dengan penyakit pilek, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Sakit flu / pilek biasa terjadi jika udara... [More...]

Obat untuk Asam Urat dan rematik

Obat untuk Asam Urat dan rematik

Pernah merasakan rasa nyeriataupun rasa sakit di bagian kaki anda? Ya, Asam urat dan rematik adalah jenis penyakit yang sering dirasakan oleh mereka... [More...]

Ramuan Tradisional Untuk Menyembuhkan Ambeien atau Hemorrhoid

Ramuan Tradisional Untuk Menyembuhkan...

Penyakit Hemorrhoid atau ambeien adalah suatu keadaan dimana terjadi pembengkakan pada lubang anus yang mengandung arteri kecil, vena, dan jaringan... [More...]