Sejarah Alor

E-mail Print PDF

Menurut ceritra yang beredar di masyarakat Alor, kerajaan tertua di Kabupaten Alor adalah kerajaan Abui di pedalaman pegunungan Alor dan kerajaan Munaseli di ujung timur pulau Pantar. Suatu ketika, kedua kerajaan ini terlibat dalam sebuah Perang Magic. Mereka menggunakan kekuatan-kekuatan gaib untuk saling menghancurkan. Munaseli mengirim lebah ke Abui sebaliknya Abui mengirim angin topan dan api ke Munaseli. Perang ini akhirnya dimenangkan oleh Munaseli.

Konon, tengkorak raja Abui yang memimpin perang tersebut saat ini masih tersimpan dalam sebuah goa di Mataru. Kerajaan berikutnya yang didirikan adalah kerajaan Pandai yang terletak dekat kerajaan Munaseli dan Kerajaan Bunga Bali yang berpusat di Alor Besar. Munaseli dan Pandai yang bertetangga, akhirnya juga terlibat dalam sebuah perang yang menyebabkan Munaseli meminta bantuan kepada raja kerajaan Majapahit, mengingat sebelumnya telah kalah perang melawan Abui.

Sekitar awal tahun 1300-an, satu detasmen tentara bantuan kerajaan Majapahit tiba di Munaseli tetapi yang mereka temukan hanyalah puing-puing kerajaan Munaseli sedangkan penduduknya telah melarikan diri ke berbagai tempat di Alor dan sekitarnya. Para tentara Majapahit ini akhirnya banyak yang memutuskan untuk menetap di Munaseli, sehingga tidak heran jika saat ini banyak orang Munaseli yang bertampang Jawa. Peristiwa pengiriman tentara Majapahit ke Munaseli inilah yang melatarbelakangi disebutnya Galiau (Pantar) dalam buku Negarakartagama karya Empu Prapanca yang ditulisnya pada masa jaya kejayaan Majapahit (1367). Buku yang sama juga menyebut Galiau Watang Lema atau daerah-daerah pesisir pantai kepulauan. Galiau yang terdiri dari 5 kerajaan, yaitu Kui dan Bunga Bali di Alor serta Blagar, Pandai dan Baranua di Pantar. Aliansi 5 kerajaan di pesisir pantai ini diyakini memiliki hubungan dekat antara satu dengan lainnya. Bahkan raja-raja mereka mengaku memiliki leluhur yang sama.

Pendiri ke 5 kerajaan daerah pantai tersebut adalah 5 Putra Mau Wolang dari Majapahit dan mereka dibesarkan di Pandai. Yang tertua diantara mereka memerintah daerah tersebut. Mereka juga memiliki hubungan dagang, bahkan hubungan darah dengan aliansi serupa yang terbentang dari Solor sampai Lembata. Jalur perdagangan yang dibangun tidak hanya diantara mereka tetapi juga sampai ke Sulawesi, bahkan ada yang menyebutkan bahwa kepulauan kecil di Australia bagian utara adalah milik jalur perdagangan ini. Mungkin karena itulah, beberapa waktu lalu sejumlah pemuda dari Alor Pantar melakukan pelayaran ke pulau Pasir di Australia bagian utara. Laporan pertama orang-orang asing tentang Alor bertanggal 8 – 25 Januari 1522, Pigafetta, seorang penulis bersama awak armada Victoria sempat berlabuh di pantai Pureman, Kecamatan Alor Barat Daya. Ketika itu mereka dalam perjalanan pulang ke Eropa setelah berlayar keliling dunia dan setelah Magelhaen, pemimpin armada Victoria mati terbunuh di Philipina. Pigafetta juga menyebut Galiau dalam buku hariannya. Observasinya yang keliru adalah penduduk pulau Alor memiliki telinga lebar yang dapat dilipat untuk dijadikan bantal sewaktu tidur. Pigafetta jelas telah salah melihat payung tradisional orang Alor yang terbuat dari anyaman daun pandan. Payung ini dipakai untuk melindungi tubuh sewaktu hujan.

Dengan Perjanjian Lisabon pada tahun 1851, kepulauan Alor diserahkan kepada Belanda dan pulau Atauru diserahkan kepada Portugis. Orang-orang Portugis sendiri sebenarnya tidak pernah benar-benar menduduki Alor, walaupun masih ada sisa-sisa dari zaman Portugis seperti sebuah jangkar besar di Alor Kecil. Pada tahun 1911, Pemerintah colonial Belanda memindahkan pelabuhan laut utama dan pusat Pemerintahan Alor dari Alor Kecil ke Kalabahi. Kalabahi dipilih karena datarannya lebih luas dan lautnya lebih teduh. Kota Kalabahi artinya pohon kusambi, yang mana dulunya memang menghutani dataran ini. Dengan pemindahan pusat kekuasaan ke Kalabahi, Pemerintah colonial Belanda menempatkan Mr. Bouman sebagai Kontroler pertama di Alor. Sebelumnya tanda kehadiran colonial belanda di Alor, hanya terdiri dari seorang penjaga pos dan seorang serdadu berpangkat letnan.

Pada masa kontroler Bouman, beberapa pegawai pemerintah Belanda didatangkan. Upaya-upaya mengkristenkan para penganut animismepun mulai dilakukan. Baptisan pertama dilakukan pada tahun 1908 di pantai Dulolong, ketika seorang Pandeta berkebangsaan Jerman, D. S. William Bach tiba dengan sebuah kapal Belanda bernama Canokus, yang oleh orang Alor di zaman itu disebut dengan Kapal Putih. Diantara mereka yang dibaptis terdapat Lambertus Moata dan Umar Watang Nampira, seorang penganut Islam yang taat. Lambertus Moata kemudian menjadi Pendeta Pribumi Alor yang pertama, sedangkan Umar Watang Nampira barangkali bersedia dibaptis untuk menghormati para pengunjung pada saat itu. Gereja pertama yang dibangun adalah Gereja Kalabahi (sekarang Gereja Pola). Gereja ini dibangun pada tahun 1912. Kayu-kayunya didatangkan dari Kalimantan sedangkan pekerjanya adalah Pak Kamis dan Pak Jawas yang beragama Muslim. Oleh karena itu sampai saat ini masih merupakan sesuatu yang umum dilakukan di Alor bahwa pembangunan Gereja dilakukan oleh orang Muslim dan Mesjid dilakukan oleh orang Kristen. Pada masa ini Alor terdiri dari 5 kerajaan, yaitu Kui, Batulolong, Kolana, Baranusa dan Alor. Kerajaan Alor wilayahnya meliputi seluruh jasirah Kabola (bagian utara pulau Alor).

Pada tahun 1912 terjadi pengalihan kekuasaan raja dari dinasti Tulimau di Alor Besar kepada dinasti Nampira di Dulolong. Pemerintah colonial Belanda lebih cenderung memilih Nampira Bukang menjadi raja Alor sebab beliau berpendidikan dan fasih berbahasa belanda. Sebagai kompensasi, putra mahkota Tulimau ditunjuk sebagai kapitan Lembur. Pengalihan kekuasaan ini menyebabkan terjadinya beberapa pemberontakan namun dapat diredam dengan bantuan Belanda, sehingga sehingga secara tidak langsung pengalihan kekuasaan ini telah menjadi bibit salah satu lembaran hitam sejarah Alor dengan terbunuhnya Bala Nampira.

Pada 1915 s/d 1918, Bala Nampira menjadi raja menggantikan ayahnya dan Pada 1918, beliau mati terbunuh di Atengmelang. Penyebab terbunuhnya Raja ini masih diperdebatkan sampai saat ini dan kadang-kadang dapat membangkitkan amarah diantara sesame orang Alor.
Diyakini bahwa anggota-anggota Galiau Watang Lema menganggap pergantian raja sebagai sebuah pelanggaran yang amat berat dalam aliansi mereka oleh karena sekutu dan saudara mereka telah dipermalukan. Sementara itu, di Abui timbul rasa tidak puas dikalanga bangsawan oleh karena mereka diharuskan takluk kepada Pemerintahan Raja Nampira. Beberapa anggota Galiau Watang Lema yang tidak puas dengan pengalihan kekuasaan raja itu menjanjikan sebuah Moko yang bernilai tinggi kepada seorang wanita dari Manet bernama Malailehi apabila dapat membunuh Raja Nampira. Dengan cara ini mereka berniat mengembalikan takhta Bungan Bali ke Alor Besar.

Untuk memulihkan Hukum dan Pemerintahannya di Alor, maka Pemerintah Kolonial Belanda, melalui kontroler Mr. Muller menggunakan strategi yang ampuh, yaitu dengan mengawinkan Putra Nampira dengan Putri Bunga Bali dan berhasil dengan baik karena perdamaianpun tercipta pada saat itu. Pada tahun 1930 an, Pemerintah Kolonial Belanda mulai melakukan pembangunan wilayah. Para isteri pegawai Pemerintah dikirim ke Alor. Kerja sama dengan 5 kerajaan relative baik. Sepanjang jalan utama di tengah kota, rumah-rumah pegawai Pemerintah Kolonial dibangun. Beberapa diantaranya masih dipakai hingga kini. Jalan-jalan dibangun kesegala arah, bahkan saluran airpun dibangun, namun hanya untuk kebutuhan Rumah Sakit dan Pegawai Kolonial Belanda.

Setelah sempat dijajah Jepang dalam Perang Dunia II, kemerdekaan Indonesiapun diproklamirkan. Walau demikian di Alor masih terdapat orang asing. Pada tahun 1950-an dan 1960-an, sejumlah orang anti wajib militer dan misioneris dating ke Alor dan bekerja sebagai Pendeta, Perawat bahkan Dokter. Diantara mereka terdapat suami-isteri Dokter De Jong yang bekerja di Rumah Sakit Umum Kalabahi. Dalam bukunya “Brieven aan Alor” (Surat-surat ke Alor), Dokter De Jong menceritrakan tentang pengalamannya bekerja di Alor. Menurut ceritra orang Alor, ada salah satu Dokter dari Jerman, Dokter Kleven memberi nama Loni kepada Putrinya sesuai kata “Balalonikai” dalam sebuah lagu lego-lego yang terkenal yaitu “Lendolo”.

Sumber :
http://www.alorkab.go.id/


rssfeed
Email Twitter Facebook google YahooWebSzenario
 

Seputar NTT

INDUSTRI PERKAPALAN SOKONG INDONESIA JADI NEGARA MARITIM

INDUSTRI PERKAPALAN SOKONG INDONESIA JADI NEGARA MARITIM

Laporan Laurens Leba Tukan Menperin Saleh Husin hadiri Forum Saudagar Bugis Makassar ke-15 di SulselKupang, NTTOnline - Industri perkapalan nasional... [More...]

PSB Buat Orangtua Kecewa

PSB Buat Orangtua Kecewa

Laporan Nyongki MauletiKupang, NTTOnline - Sistim Penerimaan siswa baru (PSB) tahun ajaran 2015-2016 di SMAN 3 Kota Kupang menuai protes dari orang... [More...]

Paket Sahabat dan Venna Daftar Hari Terakhir Ke KPU

Paket Sahabat dan Venna Daftar Hari Terakhir Ke KPU

Laporan YansenPaket Fans-Mu Daftar Hari Kedua Atambua, NTT Online - Paket Sahabat dan Venna resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD)... [More...]

Persoalan Klasik Masih Jadi Keluhan Masyarakat Alak

Persoalan Klasik Masih Jadi Keluhan Masyarakat Alak

Laporan Nyongki MauletiKupang, NTTOnline - Dari hasil reses DPRD Kota Kupang, menjelang Sidang II dengan agenda perubahan APBD tahun 2015, keluhan... [More...]

Hanura PKB dan PKS Deklarasikan Paket VENNA

Hanura PKB dan PKS Deklarasikan Paket VENNA

Laporan Yansen BauVentje-Bona Mempunyai Potensi Atambua, NTTOnline - Setelah menetapkan dan mengusung, akhirnya Partai koalisi Hanura, PKB serta PKS... [More...]

DPRD Sarankan PSB Secara Online

DPRD Sarankan PSB Secara Online

Laporan Nyongki MauletiKupang, NTTOnline - Menyikapi carut marutnya persoalan penerimaan siswa baru yang terus terjadi setiap tahun di Kota Kupang,... [More...]

Menteri Agama Hadiri Halal Bihalal di Alor

Menteri Agama Hadiri Halal Bihalal di Alor

Kupang, NTTOnline - Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin menghadiri undangan kegiatan Halal-Bihalal bersama tokoh ugama dan forum kerukunan... [More...]

Medah Promosikan Pariwisata NTT di Italia dan Vatikan

Medah Promosikan Pariwisata NTT di Italia dan Vatikan

Laporan Laurens Leba TukanKupang, NTTOnline - Senator/Anggota DPD RI asal Provinsi Nusa Tenggara Timur Drs. Ibrahim Agustinus Medah berkesempatan... [More...]

Walikota: Pasca Kasus Tolikara, Warga Kupang Harus Jaga Kerukunan

Walikota: Pasca Kasus Tolikara, Warga Kupang Harus Jaga Kerukunan

Laporan Nyongki MauletiKupang, NTTOnline - Pasca kejadian di Tolikara, Provinsi Papua, Masyarakat Kota Kupang yang telah hidup rukun dan damai selama... [More...]

Didukung Gerindra-PKB, Taolin-Benny Paket Yang Tepat

Didukung Gerindra-PKB, Taolin-Benny Paket Yang Tepat

Laporan Yansen BauRibuan Warga Hadiri Deklarasi Paket TABEMalaka, NTTOnline - Sekiranya 7000-an warga, simpatisan dan relawan dari 12 kecamatan di... [More...]

Walikota Himbau Masyarakat Terima Pembangunan

Walikota Himbau Masyarakat Terima Pembangunan

Laporan nyongki MauletiKupang, NTTOnline - Walikota Kupang, Jonas Salean menghimbau kepada masyarakat Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Lama,... [More...]

Peringati Hari Anak, KupangBagarak Gelar PAKARIANG 2015

Peringati Hari Anak, KupangBagarak Gelar PAKARIANG 2015

Kupang, NTTOnline - Komunitas dengan beragam latar belakang di Kota Kupang yang dimotori oleh #KupangBagarak menggelar Pesta Kreatifitas dan... [More...]

Ketua DPRD Minta Walikota Evaluasi Kinerja Kadishub

Ketua DPRD Minta Walikota Evaluasi Kinerja Kadishub

Laporan Nyongki MauletiKupang, NTTOnline - Ketua DPRD Kota Kupang, Jeskial Loudoe meminta Walikota Kupang segera mengeavaluasi kinerja dari Kepala... [More...]

Paket

Paket "Deno-Madur" Diusung 6 Parpol

Laporan Marten DonRuteng, NTTOline - Paket "Deno-Madur" (Deno Kamelus-Viktor Madur) dipastikan akan diusung oleh 6 (Enam) Partai Politik (Parpol)... [More...]

Paket

Paket "DM" Mendaftar Ke KPU di Dampingi Parpol Pengusung

Laporan Marten DonRuteng, NTTOnline - Hari ini, Senin (28/7/2015) paket "Deno-Madur" (DM), mendaftar di KPU Kabupaten Manggarai secara resmi dan... [More...]

Deklarasi Paket Sahabat, Mesang, Francis dan Riwukoreh Siap Genjot APBN Untuk Belu

Deklarasi Paket Sahabat, Mesang, Francis dan Riwukoreh Siap Genjot APBN...

Laporan Laurens Leba TukanAtambua, NTTOnline - Tiga politisi NTT di Senayan, Charles Mesang, Farry Francis dan Jefri Riwu Koreh menyatakan siap... [More...]

Presiden Jangan Hanya Dengar Laporan Gubernur dan Bupati di NTT

Presiden Jangan Hanya Dengar Laporan Gubernur dan Bupati di NTT

Laporan Laurens Leba TukanKupang, NTTOnline - Kunjungan Presiden Jokowi yang mendadak di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jumad (24/7/2015) diharapkan... [More...]

Menteri PU: Pembagunan Bendungan Raknamo Sudah 15,76%

Menteri PU: Pembagunan Bendungan Raknamo Sudah 15,76%

Kupang, NTTOnline - Menteri PU dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, sejak diresmikan pembangunan Bendungan Raknamo pada 20... [More...]

730 Personil Gabungan Amankan Pelintasan PM RDTL Rui Araujo

730 Personil Gabungan Amankan Pelintasan PM RDTL Rui Araujo

Laporan Yansen BauAtambua, NTTOnline - Sebanyak 730 personil gabungan dikerahkan guna melaksanakan pengamanan VVIP pelintasan pelintasan Perdana... [More...]

6000 Warga Hadiri Deklarasi Paket SAHABAT

6000 Warga Hadiri Deklarasi Paket SAHABAT

Laporan Yansen BauPaket SAHABAT Punya Hati Perhatikan Masyarakat BeluAtambua, NTTOnline - Kurang lebih 6.000 warga dari 12 Kecamatan serta... [More...]

WAGUB BUKA DIKLAT PASKIBRAKA TAHUN 2015 PROVINSI NTT

WAGUB BUKA DIKLAT PASKIBRAKA TAHUN 2015 PROVINSI NTT

Kupang, NTTOnline - Para pejuang dimasa silam telah merebut kemerdekaan dan kewajiban kita saat ini adalah mengisi kemerdekaan yang telah di... [More...]

Temu Siap Mundur Dari Anggota Dewan Belu

Temu Siap Mundur Dari Anggota Dewan Belu

Laporan Yansen BauAtambua, NTTOnline - Cyprianus Temu, bakal calon Wakil Bupati Belu menyatakan siap mundur dari anggota DPRD Kabupaten Belu untuk... [More...]

Besok Paket SAHABAT Deklarasi di Lapangan Umum

Besok Paket SAHABAT Deklarasi di Lapangan Umum

Laporan Yansen BauAtambua, NTTOnline - Paket SAHABAT bakal calon Bupati Willybrodus Lay dan Wakil Bupati Belu  J.T. Ose Luan akan melakukan... [More...]

Mohon Bantuan, 11 Tahun Bocah Melki Hidup Dengan Kelainan di Perut

Mohon Bantuan, 11 Tahun Bocah Melki Hidup Dengan Kelainan di Perut

Laporan Yansen BauAtambua, NTTOnline - Melkianus Susar Bouk, bocah 11 tahun ini harus melewati masa hidupnya dengan menderita kelainan pada bagian... [More...]

Pemkot Heran Penolakan Warga Pasir Panjang

Pemkot Heran Penolakan Warga Pasir Panjang

Laporan Nyongki MauletiKupang, NTTOnline - Pemerintah Kota Kupang heran dengan penolakan pembangunan tembok pengaman pantai di Pesisir Pantai Pasir... [More...]

Pertama di Indonesia, Tablet 3D Tanpa Kacamata

Pertama di Indonesia, Tablet 3D Tanpa Kacamata

Jakarta - Perkembangan tablet PC sudah merambah ke arah tiga dimensi (3D). Hal inilah yang tengah digalakkan Wearnes, yang mengusung tablet 3D... [More...]

Samsung Resmi Rilis Galaxy S III

Samsung Resmi Rilis Galaxy S III

Smartphone Galaxy S III yang telah lama ditunggu publik akhirnya diluncurkan secara resmi oleh Samsung pada Kamis (3/5/2012). ... [More...]

Apple iPhone 4S

Apple iPhone 4S

Desain  Tampilan antara iPhone 4S dan iPhone bisa dibilang serupa. Desain iPhone 4S tampak mengkotak namun membentuk lengkungan di keempat... [More...]

Nexian NX-A7500 New Genius

Nexian NX-A7500 New Genius

  Desain Dari sisi desain, terdapat perbedaan antara tablet yang lama dan versi baru ini. Di generasi pertama, pada bagian depan memiliki... [More...]

Beyond B880

Beyond B880

Desain Seperti handphone-handphome merek lokal yang meniru desain smartphone merek papan atas lainnya, Beyond B880 pun tidak tanggung-tanggung... [More...]

Sony Xperia S

Sony Xperia S

  Desain Bodi Sony Xperia S cukup tebal. Smartphone ini memiliki dimensi 128 x 64 x 10,6mm dan bobot sedang yaitu sekitar 144 gram. Namun... [More...]

Ekonomi Bisnis

Ekonomi Lesu, OJK Keluarkan 35 Paket Kebijakan di Sektor Keuangan

Ekonomi Lesu, OJK Keluarkan 35 Paket...

Jakarta, NTTOnline - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengelurkan kebijakan yang bertujuan untuk menciptakan stimulus bagi pertumbuhan perekonomian... [More...]

Jelang Lebaran, Pedagang Parcel Musiman Raup Rp 500 Juta/Minggu

Jelang Lebaran, Pedagang Parcel Musiman...

Jakarta, NTTOnline - Menjelang lebaran, pedagang parcel musiman bermunculan, salah satunya di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, para pedagang ini... [More...]

Turkish Airlines Gelar World Golf Cup di Jakarta

Turkish Airlines Gelar World Golf Cup...

Jakarta, NTTOnline - 29 Mei 2015 – Rangkaian Turkish Airlines World Golf Cup 2015, sebagai salah satu turnamen golf amatir terbesar kembali di... [More...]

Pantau Kinerja Jasa Keuangan, OJK Buka layanan Pengaduan Bagi Masyarakat

Pantau Kinerja Jasa Keuangan, OJK Buka...

Laporan Nyongki MauletiKupang, NTTOnline - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dibentuk dengan tujuan agar keseluruhan kegiatan didalam sektor jasa... [More...]

“Nissin Biscuit mengajak para konsumen untuk eksis dan jalan-jalan Ke Amerika Sekaligus Syuting Film Layar Lebar ”

“Nissin Biscuit mengajak para...

Mendadak Eksis Bersama Nissin BiscuitJakarta, NTTOnline - 23 Maret 2015 Nissin merupakan sebuah brand yang telah terpercaya memberikan konsumen... [More...]

Paket Kebijakan Ekonomi Tak Akan Instan Memperkuat Rupiah

Paket Kebijakan Ekonomi Tak Akan Instan...

Jakarta,NTTOnline - Delapan paket kebijakan ekonomi yang pagi ini diumumkan pemerintah, dipastikan tidak akan secara instan mengeluarkan rupiah... [More...]

Wow, Indonesia Jadi Lima Besar Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi

Wow, Indonesia Jadi Lima Besar...

Jakarta, NTTOnline - Indonesia tahun ini masuk dalam jajaran lima besar negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia. Perekonomian Indonesia... [More...]

Menko Sofyan: Kebijakan Baru BBM Segera Diumumkan

Menko Sofyan: Kebijakan Baru BBM Segera...

Jakarta, NTTOnline - Beberapa pekan setelah kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi, pemerintah kembali berencana mengeluarkan kebijakan baru,... [More...]



Nasional & Dunia

KPU Buka Pendaftaran Bagi Daerah yang Hanya Ada Satu Calon

KPU Buka Pendaftaran Bagi Daerah yang Hanya Ada Satu Calon

Ada 11 daerah yang hanya diikuti satu pasangan calon kepala daerah.Jakarta, NTTOnline - Pendaftaran calon pasangan kepala daerah untuk pemilihan... [More...]

Horee! PNS Boleh Berangkat ke Kantor agak Siang

Horee! PNS Boleh Berangkat ke Kantor agak Siang

Jakarta, NTTOnline - Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi mendukung imbauan Mendikbud Anies R. Baswedan supaya orangtua mengantar anaknya ke sekolah... [More...]

Jokowi akan Lantik Lulusan Akademi TNI dan Polri

Jokowi akan Lantik Lulusan Akademi TNI dan Polri

Jakarta, NTTOnline - Presiden Joko Widodo akan melantik para lulusan perwira muda Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian di Akademi Kepolisian... [More...]

Brimob Minta Dilatih oleh Kopassus, TNI: Nggak Boleh, Raider Untuk Perang

Brimob Minta Dilatih oleh Kopassus, TNI: Nggak Boleh, Raider Untuk...

Jakarta, NTTOnline - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengirimkan surat kepada Panglima TNI terkait permintaan pelatihan Raider untuk Brimob oleh... [More...]

Pekerja BPJS Ketenagakerjaan, Idul Fitri Tanpa Gaji & THR

Pekerja BPJS Ketenagakerjaan, Idul Fitri Tanpa Gaji & THR

Jakarta, NTTOnline - (Selasa, 21 Juli 2015). Mirah Sumirat, SE, Presiden Asosiasi Serikat Pekerja (ASPEK) Indonesia memprihatinkan nasib ratusan... [More...]

Nurbaeti, wartawati Depok ditemukan tewas dengan bekas jeratan

Nurbaeti, wartawati Depok ditemukan tewas dengan bekas jeratan

Jakarta, NTTOnline - Seorang wartawati lepas (freelance) bernama Nurbaeti (44) ditemukan tak bernyawa di rumahnya di Perumahan Gaperi RT 001/RW 009... [More...]

Jusuf Kalla sebut insiden di Papua gara-gara suara speaker

Jusuf Kalla sebut insiden di Papua gara-gara suara speaker

Jakarta, NTTOnline - Wakil Presiden Jusuf Kala mengungkapkan insiden pembakaran musala dan 16 kios di Papua bermula ketika ada pelaksanaan Salat... [More...]

Olahraga

Lisicki Tumbangkan Ivanovic Getty Images Sport/Al Bello

Lisicki Tumbangkan Ivanovic Getty...

Key Biscane - Petenis Jerman, Sabine Lisicki, tampil impresif dengan menumbangkan petenis Serbia, Ana Ivanovic, di babak ketiga Miami Open dalam... [More...]

Liverpool Atasi Spurs 3-2, Balotelli Cetak Gol Penentu

Liverpool Atasi Spurs 3-2, Balotelli...

Liverpool, NTTOnline - Duel sengit hadir ketika Liverpool menjamu Tottenham Hotspur. Lima gol hadir, dengan hasil akhir 3-2 untuk kemenangan The Reds... [More...]

Maradona Kepergok Mesum Gunakan 'Tangan Tuhan'

Maradona Kepergok Mesum Gunakan 'Tangan...

NTTOnline - Legenda hidup Argentina, Diego Maradona, kembali menjadi bahan pemberitaan. Kali ini ia tertangkap kamera sedang berpose mesum dengan... [More...]

Ronaldo pada Di Maria: Nomor 7 Berarti Tanggung Jawab Besar

Ronaldo pada Di Maria: Nomor 7 Berarti...

Monte Carlo, NTTOnline - Cristiano Ronaldo mengatakan kepada Angel Di Maria bahwa kostum nomor tujuh di Manchester United memiliki tanggung jawab... [More...]

Rekor dan Catatan dari Kemenangan 3-0 Arsenal atas City

Rekor dan Catatan dari Kemenangan 3-0...

Jakarta. NTTOnline - Arsenal meraih kemenangan besar atas Manchester City di ajang Community Shield. Skor 3-0 yang tercipta menyamai sebuah... [More...]


Cerita Sejarah Seputar NTT

Sejarah Sabu Raijua

Sejarah Sabu Raijua

Pulau Sabu juga dikenal dengan sebutan Sawu atau Savu. Penduduk di pulau ini sendiri menyebut pulau mereka dengan sebutan Rai Hawu yang artinya... [More...]

Pendaratan VOC di Pulau Sabu

Pendaratan VOC di Pulau Sabu

Seperti kebanyakan pulau di daerah sekitarnya, Pulau Sabu mungkin telah dihuni semenjak jaman Neolitic. Penelitian arkeologis menunjukkan bahwa goa... [More...]

Sekilas Kerajaan Amanatun

Sekilas Kerajaan Amanatun

Kerajaan Amanatun (Onam) terletak di pulau Timor bagian barat, wilayah Indonesia dan merupakan kerajaan tua. Di era kemerdekaan kerajaan Amanatun... [More...]

Pertempuran hebat demi Timor (Battle of Timor)

Pertempuran hebat demi Timor (Battle of...

  Sampai pada akhir-1941, Pulau Timor dibagi secara politis antara dua kekuatan kolonial: Portugis di bagian timur dengan ibu kota di Dili, dan... [More...]

Dunia Selebriti

7 Seleb Indonesia yang gambar bugilnya pernah 'kecolongan'

7 Seleb Indonesia yang gambar bugilnya pernah 'kecolongan'

NTTOnline - Jejaring sosial memang sangat mempengaruhi perkembangan di masyarakat. Trend yang beredar di masyarakat bisa bermula dari jejaring... [More...]

Daftar Lengkap Peraih Piala Oscar 2015

Daftar Lengkap Peraih Piala Oscar 2015

Jakarta, NTTOnline - The Academy Awards ke-87 telah selesai dihelat. Acara yang digelar di Dolby Theater, Minggu, 22 Februari 2015 malam waktu... [More...]

Aktor senior Alex Komang meninggal dunia

Aktor senior Alex Komang meninggal dunia

Jakarta, NTTOnline - Aktor senior Alex Komang meninggal dunia malam ini. Alex diketahui mengidap kanker hati yang kronis. Alex sempat dirawat di RS... [More...]

Keinginan Terakhir Rinto Harahap Sebelum Meninggal

Keinginan Terakhir Rinto Harahap Sebelum Meninggal

Jakarta, NTTOnline - Penyanyi sekaligus pencipta lagu di era 80-an, Rinto Harahap, meninggal dunia di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura,... [More...]


Lifestyle

Begini Cara Soda Merusak Tubuh dalam 65 Menit
article thumbnail Suka minum soda? Segar ya diminum saat cuaca panas, rasanya segar dan menghilangkan dahaga dalam seketika. eitss jangan tenang tenang dulu. dibalik kesegarannya ternyata ada fakta mengerikan yang...

Sains & Teknologi

Otomotif

Referensi Film

10 Film Box Office Pekan Ini

10 Film Box Office Pekan Ini

Jakarta, NTTOnline - Siapa sangka film The SpongeBob Film: Sponge Out of Water mampu melesat ke puncak box office Amerika Serikat dan Kanada, pekan... [More...]

Atambua 39' Celsius: Menguak Kisah Perbatasan

Atambua 39' Celsius: Menguak Kisah Perbatasan

Jakarta - Riri Riza dan Mira Lesmana kembali berkolaborasi menciptakan sebuah karya film inspiratif. Dengan bujet yang terbilang kecil... [More...]

What to Expect When You're Expecting

What to Expect When You're Expecting

Film bioskop terbaru berjudul What to Expect When You're Expecting. BErkisah tentang DIlema para wanita untuk menjadi seorang ibu. Film ini... [More...]

Brave: FIlm Animasi Yang Penuh Kisah Inspiratif

Brave: FIlm Animasi Yang Penuh Kisah Inspiratif

Film animasi terbaru berjudul Brave. Bercerita tentang seorang putri bernama Merida yang dak mengira akan keputusannya yang mengubah takdir, malah... [More...]

Khasiat Tanaman Obat

Brokoli pengusir kanker perut

Brokoli pengusir kanker perut

Banyak polusi dan banyak stress merupakan andil terbesar dalam kesehatan kita. Tidak sedikit penyakit datang karena kedua faktor itu, apalagi yang... [More...]

Obat Flu atau Pilek Tradisional herbal

Obat Flu atau Pilek Tradisional herbal

Flu atau biasa dikenal dengan penyakit pilek, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Sakit flu / pilek biasa terjadi jika udara... [More...]

Obat untuk Asam Urat dan rematik

Obat untuk Asam Urat dan rematik

Pernah merasakan rasa nyeriataupun rasa sakit di bagian kaki anda? Ya, Asam urat dan rematik adalah jenis penyakit yang sering dirasakan oleh mereka... [More...]

Ramuan Tradisional Untuk Menyembuhkan Ambeien atau Hemorrhoid

Ramuan Tradisional Untuk Menyembuhkan...

Penyakit Hemorrhoid atau ambeien adalah suatu keadaan dimana terjadi pembengkakan pada lubang anus yang mengandung arteri kecil, vena, dan jaringan... [More...]

Keunggulan Tomat Sebagai Obat Jerawat

Keunggulan Tomat Sebagai Obat Jerawat

Pada kesempatan yang lalu, kita telah membahas tentang keunggulan tomat untuk kesehatan tubuh kita. Nah, selain itu, ternyata buah tomat selain bisa... [More...]