Empat Paket Pemilukada Matim Ikrarkan Kampanye Damai

E-mail Print PDF

alt

Laporan Marten Don
Borong, NTTOnline - Rapat paripurna istimewa penyampaian visi dan misi dari calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Manggarai Timur (Matim) periode 2013-2018 telah di gelar di Kantor DPRD Matim, Sabtu (20/7) siang.

Paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Matim, Jhon Nahas yang didampingi Wakil Ketua Leonardus Sentosa dan Ketua KPUD Matim Bento Papur.

Ketua DPRD Matim, Jhon Ahas dalam sambutannya mengatakan pemaparan visi-misi dari ke empat paket Pemilukada Matim merupakan cita-cita luhur pasangan calon untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan dalam membangun Matim. “Kita percaya bahwa semua paket Pemilukada Matim merupakan repsentasi masyarakat matim secara keseluruhan,  haparan kita semua agar proses pelaksanaan Pemilukada Matim berjalan sesuai amanat undang-undang dan harapan kita semua”, kata Ahas   

Sementara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Matim, Bento Papur, telah secara resmi membuka kampanye dari ke empat paket Cabup dan Cawabup Matim itu. Dalam sambutan singkatnya, sebelum ke empat paket pemilukada membacakan ikrar kampanye damai, Ia menyampaikan penghargaan kepada semua calon, partai pendukung, tim sukses, simpatasian dan keluarga dari masing-masing calon karena sampai sejauh ini proses pemilukada berjalan aman dan damai.

“Kita semua harus bangga karena sementara proses demokrasi berjalan aman. Visi dan misi kita sudah sampaikan kepada masyarakat, jangan membawa misi untuk menjelekan satu sama lain, biarkan rakyat memilih sesuai hati nurani mereka.  Kita sudah buktikan itu pada pemilihan 2008 lalu walaupun Pemilukada tanpa Panwaslu namun tetap berjalan aman dan kondusif”, tegas Papur

Empat Paket Pemilukada Matim itu adalah masing-masing, nomor urut 1 pasangan Yoseph Biron Aur dan Davit Sutarto (Bravo), nomor urut 2 pasangan Wilibrodus Nurdin dan Tarsi Sjukur (Wintas), nomor urut 3 Yoseph Tote dan Agas Andreas (Yoga), nomor urut 4 pasangan Sensi Vinsensius Sebastianus dan Yoseph Emanuel Jelahut (Setia).

Ke empat paket telah bersepakat untuk melakukan kampanye damai, aman tertib dan kondusif. Kesepakatan itu telah dituangkan dalam surat kesepakatan bersama dan ikrar itu dibacakan secara bersama-sama pula oleh keempat Paket Pemilukada. Selain itu melalui pesan moril dari masing-masing Paket Pemilukada saat pemaparan visi-misi secara terbuka di kantor DPRD Matim yang disaksikan oleh seluruh anggota DPRD Matim dan seluruh hadirin yang hadir mengikuti sidang paripurna itu.  

Dalam kesempat itu ke 4 paket diberi kesempatan untuk menyampaikan visi misi berdasarkan nomor urut masing-masing. Pasangan Nomor urut 1. Bravo, tampil bersama secara bergantian membacakan visi misi dengan mengusung tema perubahan dan pembaharuan dalam seluruh bidang kehidupan masyarakat Matim, program dengan konsep jelas, mereka menamakan,“Catur Program”, seperti Peningkatan Dana ADDK 250 Juta per desa, menyiapkan fasilitas  kesehatan, menegakan supremasi hukum, menata birokrasi yang handal.

Hal sama pula ditegaskan oleh Cawabup David Sutarto, selain itu menurutnya pemimpin atau pemerintah itu sebagai pelayan bukan untuk di layani melainkan untuk melayani seluruh masyarakatnya tanpa memandang siapa dan darimana asal. Ia pula menegaskan dari supremasi hukum atas rentannya masalah ulayat maka pemerintah daerah harus berani melakukan sertifikasi hak ulayat masyarakat agar masalah tidak terjadi lagi, tegas Sutarto   

Pasangan Nomor Urut Dua 2 Wintas,  mengusung tujuh Agenda Pokok yakni  bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, pariwisata, kelestarian lingkungan, pemberantasan  Korupsi, refomasi Birokasi. Menurut Nurdin birokrasi merupakan mesin utama yang harus digerakan dalam menentukan arah pembanguan yang adil dan merata di Matim. Salah satu kunci keberhasilan Pembanguan di Matim kata Dia dengan melibatkan tiga mesin utama, yaitu Pemerintah, dunia usaha dan lembaga masyarakat lain dengan bahu membahu membangun Matim.

Sementara Cawabup paket Wintas Tarsi Syukur mengatakan Matim merupakan daerah potensial dibidang pariwisata. “Daerah pariwisata di Matim itu sangat banyak tinggal Pemerintah Daerah mengatur dan mengolah agar potensi obyek wisata bisa dikunjungi wisatawan, selain itu dapat meningkatkan PAD didaerah ini”, ungkap Tarsi Syukur.

Sedangkan Paket Yoga dalam penyampaian visi-misinya hanya di bacakan oleh Cawabup, Agas Andreas.  Dia mengatakan Paket Yoga sudah terbukit dan berkat kerja keras, Matim telah mendapat banyak piagam penghargaan dari pemerintah pusat seperti salah satunya penghargaan sebagai daerah koperasi. Ia tambahkan Yoga siap melanjutkan kembali membuka sekolah di setiap desa, membuka isolasi,  meningkatkan ekonomi rakyat dengan wadah koperasi. “Kami sudah lakukan dan bermanfaat bagi masyarakat, sinergisitas antara pemerintah pusat dan daerah ditingkatkan untuk membangun daerah ini lebih maju", katanya. 

Sementara Calon Nomor urut 4 paket Setia, Cabup Sensi vinsensius mengatakan maju pemilukada Matim karena tahu tentang daerah itu dan sudah lama keliling Matim banyak menemukan soal. Karena itu menurutnya Matim membutuhkan perubahan besar. Agenda paket setia memperbaiki  infrastruktur jalan, bidang pemberdayaan masyarakat, kesehatan, pendidikan. Semua itu bisa dilakukan dalam rencana kerja dan agende pemerintah yang terencana.

Mengakhiri kegiatan tersebut, ke empat paket  secara bersama-sama membacakan ikrar kampanye damai. Setelah pembacaan ikrar dilanjutkan penanda tanganan ikrar kesepakatan kampanye damai. Setelah seluruh rangkaian acara rapat paripurna istimewa penyampaian visi misi dari empat paket maka kegiatan di tutup dengan kampanye damai dengan mengelilingi kota borong secara bersama-sama oleh ke empat paket, partai pengusung, serta simpatisan masing-masing.  

Hasil pantauan NTTOnline hadir dalam rapat paripurna istimewa penyampaian visi dan misi dari Cabup dan Cawabup Matim, Kapolres Manggarai, utusan Kodim 1612 Manggarai,  Ketua, Wakil ketua dan seluruh anggota DPRD Matim, Camat Borong, Sekda, Pimpinan SKPD, Partai Pendukung, Simpatisan, Undangan serta rekan-rekan Pers baik media cetak maupun elektronik.


rssfeed
Email Twitter Facebook google YahooWebSzenario
Last Updated ( Monday, 22 July 2013 01:15 )  

Artkel Terbaru

Mukerwil PKB NTT Dihadiri Dua Menteri

Mukerwil PKB NTT Dihadiri Dua Menteri

Kupang, NTTOnline - Ketua Dewan Pimpinan... [More...]

UMP NTT Rp.1,2 Juta Perbulan

UMP NTT Rp.1,2 Juta Perbulan

Pemerintah Diminta Awasi Pemberlakuan Kupang,... [More...]

Pupuk Organic Bio-Pem Mulai Diminati  Petani  NTT

Pupuk Organic Bio-Pem Mulai Diminati Petani NTT

Laporan Yongki MauletiKupang, NTTOnline -... [More...]

Realisasi PAD Kota Kupang  Capai 97,52 Persen

Realisasi PAD Kota Kupang Capai 97,52 Persen

Laporan Yongki MauletiKupang, NTTOnline -... [More...]

Operasi Angkot Tidak Sesuai Trayek Didenda Rp.250 Ribu

Operasi Angkot Tidak Sesuai Trayek Didenda Rp.250 Ribu

Laporan Yongki MauletiKupang, NTTOnline -... [More...]

13 Karyawan Hotel Kupang Beach Mengadu Ke Walikota

13 Karyawan Hotel Kupang Beach Mengadu Ke Walikota

Laporan Yongki MauletiSebelas Bulan Gaji... [More...]

TNI Kirim Sukhoi ke Tarakan untuk Usir Pesawat Malaysia di Ambalat

TNI Kirim Sukhoi ke Tarakan untuk Usir Pesawat Malaysia di Ambalat

Jakarta, NTTOnline - Tiga pesawat tempur Sukhoi... [More...]

Pembangunan Pasar Reok Baru Mencapai 48 Persen

Pembangunan Pasar Reok Baru Mencapai 48 Persen

Laporan Marten DonRuteng, NTTOnline - Proyek... [More...]

Tarif Angkot dalam Kota Naik Rp.1000

Tarif Angkot dalam Kota Naik Rp.1000

Laporan Yongki MauletiKupang, NTTOnline - Pasca... [More...]

ASEAN dan Koalisi Masyarakat Sipil Luncurkan Inisiatif Sekolah Aman

ASEAN dan Koalisi Masyarakat Sipil Luncurkan Inisiatif Sekolah Aman

Jakarta, NTTOnline - Negara-negara anggota... [More...]